Rabu, 02 November 2011

Wisata ke Museum di Kota Tua

Sewa Mobil Jakarta - Bosan liburan ke tempat itu-itu saja? Buat anda yang berada di Jakarta, biasanya menghabiskan weekend atau liburan ke daerah puncak atau ancol. Kenapa tidak coba wisata baru, yang mungkin Anda sendiri belum pernah ke tempat ini, meskipun Anda sudah lama tinggal di Jakarta. Sebenarnya kota Jakarta memiliki banyak museum, ada lebih 30 museum yang ada di Jakarta. Selain berlibur, wisata ke museum bisa menjadi media bagi anak-anak untuk belajar mengenai sejarah. Ada beberapa museum yang patut Di kunjungi di daerah Kota Tua Jakarta:

Museum Fatahillah
Mueum ini terletak di daerah kota tua di Jl. Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat, museum ini lebih dikenal dengan Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia. Museum ini merupakan Balai Kota pada jaman pemerintahan belanda yang dibangun tahun 1707-1710 Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Bagi yang ingin mempelajari sejarah kota Jakarta dan melihat hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad ke-18 bisa langsung ke museum ini.

Museum Wayang
Museum ini berdekatan dengan Museum Fatahillah tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat. Di dalam Museum banyak terdapat berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia, baik yang terbuat dari kayu dan kulit maupun bahan-bahan lain. Ada sekitar 4.000 buah wayang, terdiri atas wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber dan gamelan. Selain wayang juga ada koleksi boneka-boneka yang berasal dari Eropa meskipun ada juga yang berasal dari beberapa negara non-Eropa seperti Thailand, Suriname, Tiongkok, Vietnam, India dan Kolombia.

Museum Seni Rupa dan Museum Keramik
Masih sekitar kota tua, terdapat Museum Seni Rupa dan Museum Keramik. Museum Seni Rupa menampilkan aneka macam karya seni lukis dari berbagai aliran, seperti naturalisme, abstrak dan surealisme. Ada juga karya pelukis Indonesia seperti Affandi, Sudjojono, Raden Saleh dan Basuki Abdullah.

Sedangkan Museum Keramik memamerkan koleksi keramik lokal dan keramik asing. Untuk keramik lokal berasal dari Singkawang, Palembang, Kasongan, Plered dan Malang. Umumnya koleksi keramik asing berasal dari cina, jepang, Thailand, Vietnam dan Eropa. KOleksi keramik disini juga menampilkan keramik modern buatan Indonesia.

Museum Bahari
Museum ini terletak di Jalan Pasar Ikan No. 1, Jakarta Barat. Di dalamnya terdapat koleksi berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias. Selain itu juga dipamerkan juga berbagai model kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran. Di sisi lain ditampilkan koleksi biota laut dan aneka perlengkapan nelayan.

Museum bank Mandiri
Museum ini berada di Jl. Lapangan Stasiun No. 1, Jakarta Barat. Museum ini menampilkan koleksi yang terkait dengan aktivitas perbankan jaman dulu, seperti peti uang, mesin hitung uang mekanik, kalkulator, mesin pembukuan, mesin cetak, alat pres bendel, seal press dan safe deposit box.

Info Terkait: Rental Mobil Jakarta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar