Selasa, 19 Maret 2013

Menata Teras Rumah Jadi Asri

Maket - Teras yang indah tentunya juga membuat rumah terlihat lebih menyatu secara keseluruhan. Ruang teras ini perlu juga diperhatikan karena teras berfungsi sebagai area untuk transit tamu dan untuk santai, terutama teras pada bagian depan harus dioptimalkan penataannya dari segi etika maupun estetika.

http://3.bp.blogspot.com/-oL8Vv8-hmas/Tr0VEbiYECI/AAAAAAAAAGY/rg8zeKY0F8M/s1600/teras-rumah.jpg
Ruang transisi antara rumah dengan halaman luar ini letaknya dapat berada di depan, samping, ataupun belakang rumah dengan ukuran yang bervariasi. Walaupun tidak berfungsi sebagai ruang utama, kehadirannya memberi fungsi penting dan sangat berarti, semungil apa pun ukurannya.
Ada beberapa tips menata teras rumah terlihat asri dan nyaman:

1. Penataan teras harus disesuaikan dengan bentuk bangunan dan gunakan furniture sederhana sepeti kursi dan meja, sebaiknya terbuat dari besi, atau kayu rotan biasa.

2. Pilihlah tanaman dalam pot yang mempunyai sifat indoor yaitu yang tidak bisa terkena sinar matahari. Misalnya, draecena, sri rejeki, kuping gajah, palem wregu, suplir, pakis. Sesuaikan pot dengan luas teras Anda. Apabila ukuran teras luas sebaiknya diberi pot-pot yang besar. Apabila lahannya sempit, cukup gunakan potnya juga yang kecil atau pot gantung dan tanaman rambat. sebaiknya jangan menempatkan tanaman terlalu ramai.

3. Agar terkesan bersih, warna pot di teras sebaiknya seragam. Misalnya, warn hijau semua. Penggunaan pot yang warna-warni boleh saja asalkan pilihan warnanya serasi.

4. Untuk lantai, pilihlah bahan yang tidak licin karena berada di luar rumah dan sering terkena hujan. Materialnya bisa dari kayu, keramik, atau batu alam.

Dengan tips ini semoga anda bisa membuat teras rumah Anda menjadi tempat yang memikat dan nyaman.(wk)

Info: Maket

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar