Rabu, 01 Desember 2010

Tips Merakit Komputer atau PC Sendiri


mau merakit komputer atau beli yang built up?
Bagus nya sih buat yang pengen belajar, pastinya merakit komputer sendiri lebih baik, karena bisa menambah pengetahuan tentang komputer dan isinya itu sendiri. Selain harganya lebih murah kita bisa memilih hardware mana aja yang kita butuhkan di toko komputer.

Dalam merakit komputer kita harus mengetahui terlebih dahulu, tujuan kita untuk membeli komputer, apakah untuk keperluan office atau game atau desain. Berikut langkah-langkahnya:



1. Spesifikasi komputer

Jika anda ingin yang murah, tentunya tentukan spesifikasi komputer yang minimum / minimal. Tetapi jika anda ingin komputer murah dengan kemampuan lumayan, maka tentukan spesifikasi komputer yang optimal. spesifikasi komputer optimal berarti anda dapat bekerja lebih baik dengan harga komputer sedikit di atas minimal. Umumnya kinerja komputer dapat anda tingkatkan dengan menambah memori / RAM atau mnggunakan harddisk yang lebih cepat bacanya. Sedangkan penghematan untuk processor, jangan menggunakan Intel Pentium (Core Duo, corei), sebagai gantinya anda bisa menggunakan Celeron ataupun buatan AMD.

2. Onboard

Pilih motherboard yang mendukung / tersedia VGA, soundcard, network interface card, dan card lainnya yang tersedia secara onboard. Dengan demikian biaya total akan lebih murah.

3. Shared Memory

jika anda seorang desain grafis atau pemain game dan anda butuh memori VGA yang lebih banyak,maka anda harus memilih motherboard dan vga yang mendukung untuk melakukan shard memory untuk VGA card.


4. Komponen bekas / sparepart second


dengan menggunakan koponen / sparepart komputer second maka harga komputer dapat ditekan. Sangat banyak barang bekas yang kualitasnya masih bagus dan bahkan seperti masih asli. Penggunaan yang paling sering adalah menggunaan monitor bekas. sebab perbedaan monitor baru dan bekas cukup signifikan. Walaupun demikian, hati-hati dalam memilih, pilihlah sparepart / komponen yang masih bagus dan memberikan layanan garansi.


5. Membeli dari satu toko komputer


Kadang untuk harga komponen komputer yang murah kita harus mendapatkannya dari beberapa toko komputer. Tapi jika kita pada saat ingin membeli beberapa sparepart dan semua toko yang kita datangi harganya ternyata sama, coba untuk membeli beberapa sparepart tersebut pada satu toko dan mencoba untuk minta discount. Jika dikasih syukur, tidak dikasih juga tidak apa-apa. Toh harganya juga sama dengan toko komputer lain.

blackmountimedia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar