Senin, 10 Juni 2013

Trik Memadamkan Api Saat Darurat


Kebakaran bisa terjadi kapan saja dan bisa terjadi karena banyak hal dalam kehidupan kita sehari hari dan anda harus tau penyebab kebakaran lalu bagaimana cara memadamkan apinya dengan mengetahui penyebabnya, namun jangan panik dan lakukan dengan tenang, simak tips berikut:

1. Kebakaran karena tabung gas elpiji
Ketahuilah indikasi terjadinya kebocoran pada tabung gas dan bila telah diketahui indikasi kebocoran Lepaskan regulator, bawa tabung keluar ruangan dan letakkan ditempat terbuka, JANGAN MENYALAKAN API ATAU MENGHIDUPKAN LISTRIK,
Bawa tabung gas ELPIJI tersebut ke Agen atau penjual gas elpiji.

2.Kebakaran Akibat Listrik
korsleting istrik juga merupakan penyebab api kebakaran yang paling sering terjadi di Indonesia, cara darurat memadamkannya yaitu segera cabut sekering listrik dan jatuhkan breaker (stop kontak) Setelah sekering dicabut, padamkan kebakaran tersebut dengan alat pemadam api.
Untuk kasus ini Anda harus berhati-hati jika memadamkan dengan air karena jika Anda memadamkannya dengan air, potensi Anda tersetrum sangat tinggi jadi disarankan gunakan alat pemadam api atau paling tidak karung goni dan segera lemparkan pada sumber api

3.Kebakaran Tempat Penggorengan/Wajan
Kebakaran pada wajan juga pernah terjadi di Indonesia, ibu rumah tangga seringkali ceroboh menyenggol wajan atau tidak sengaja terjatuh.
cara memadamkan api secara darurat pada peristiwa ini adalah ambil tutup panci atau baskom, lalu tutupkan ke wajan yang terbakar tersebut. jika langkah pertama api belum padam, ambil goni/kain basah lalu selubungkan ke wajan tersebut.
PERINGATAN : Minyak goreng panas kalau terbakar jangan disiram dengan air karena air dan minyak tidak akan bisa bersatu dan ini menyebabkan api bisa menjalar ke tempat lain dengan mudah

4.Anak Terbakar Akibat Main Api
Tidak sedikit peristiwa kebakaran terjadi karena minimnya pengawasan Anak yang di biarkan bermain api di lokasi yang rawan terjadi kebakaran.
Hal yang harus Anda lakukan jangan panik, segeralah ambil selimut atau handuk lalu selimutkan/selubungkan kepada anak tersebut, segera lakukan pengobatan dasar dan telpon rumah sakit terdekat.

5.Sepeda Motor Terbakar
Tahun lalu terjadi kebakaran besar yang menghanguskan 3 buah rumah akibat sepeda motor yang di letakan dalam rumah terbakar.
jika hal ini terjadi Anda harus segera menelpon pemadam kebakaran dan secepat mungkin lakukan pemadaman dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), jika tidak punya segera ambil karung goni dan basahkan dengan air lalu selubungkan pada sepeda motor yang terbakar tersebut.

6. Kasur Terbakar
Kebakaran jenis ini sering terjadi karena penyebab obat nyamuk bakar yang terjatuh dan mengenai kasur, atau puntung rokok yang diletakkan di samping kasur.
cara darurat melakukan pemadam api pada kejadian ini adalah segera siram dengan air dan segera bawa kasur tersebut ke luar rumah.

7. Kebakaran pada lampu Petromak.
Potensi kebakaran bila menggunakan lampu petromak karena lokasi yang ditempel di dinding yang menyebabkan api dapat dengan mudah menjalar ke atap dan membakar seluruh isi rumah. jika memungkinkan, segera turunkan lampu petromax tersebut dan tutup dengan goni basah atau padamkan dengan alat-alat pemadam api kebakaran, sekali lagi jangan gunakan air bila Anda berhadapan dengan kebakaran yang diakibatkan bahan cair seperti minyak.
Jika tidak memiliki karung goni Anda bisa gunakan lap basah yang tebal untuk memadamkan api tersebut. Kebakaran memang bisa terjadi kapan saja, namun kita dapat mencegah kebakaran tersebut bertambah besar jika mengetahui cara basic menggunakan alat pemadam api.

Demikian tipsnya dalam memadamkan api saat keadaan darurat karena kebakaran semoga bermanfaat untuk anda saat menghadapi kebakaran, temukan info menarik tentang Fire Hydrant Kebakaran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar