Senin, 04 Juli 2011

Bagaimana Memulai Mempelajari Bahasa Jepang






Kursus Bahasa Jepang - Banyak yg bertanya, perlukah tips belajar bahasa Jepang. ‘Kan sudah ikut kursus bahasa jepang.  Sebenarnya  Belajar bahasa Jepang tidak selalu harus di dalam kelas, bahkan jika anda kursus bahasa jepang, les atau kuliah bahasa Jepang. Ada banyak hal yg bisa dilakukan utk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang anda. Jangan hanya membatasi diri dgn belajar di dalam kelas.

Sebelum kita melanjutkan pelajaran atau kursus bahasa Jepang ada baiknya kita mengetahui dahulu tips-tips utk belajar bahasa Jepang, khususnya bagi yg baru belajar.

·         Niat. Setiap ingin melakukan sesuatu kita harus berniat dulu karena ini adalah salah satu kunci utk mendapatkan keberhasilan.
·         Motivasi. Diibaratkan peluat tanpa kompas dan peta, sehingga tidak akan sampai pada tujuannya. Begitu juga belajar bahasa khususnya bahasa Jepang kita harus tahu apa tujuan kita belajar, karena suka akan kartunnya atau ingin melanjutkan studi disana dll.
·         Motivasi telah kuat dan mantaf berikutnya yaitu practice atau pelaksanaan. Sering-seringlah mengucapkan ungkapan-ungkapan yg telah dipelajari misalnya ohayou gozaimasu (selamat pagi), konbanwa (selamat malam) dll. Bahasa harus sering dipraktekkan kalau hanya dihafalkan tidak ada gunanya.
·         Kalau sudah ada perbendaharaan kata yg dipelajari seperti hon (buku), terebi (TV), kuruma (mobil) dll, biasakanlah menyebutkan benda-benda tersebut dalam bahasa Jepang jika melihatnya. Membantu ada dalam menganghapal kosata kata jepang
·         Jangan ragu untk mempraktekkan percakapan yg telah dipelajari dgn teman atau dgn sensei. Mungkin bisa dimulai dari percakapan yg sangat sederhana atau percakapan pendek setelah lancar bisa ditingkatkan ke percakapan yg lebih panjang. Contoh, ohayou gozaimasu, oegenkidesuka (selamat pagi, apa kabar), kinou nani o shita? (apa yg Anda lakukan kemarin), dll.
·         Jangan takut utk berbicara dalam bahasa Jepang apalagi kalau bertemu dgn orang Jepang, gunakanlah kesempatan itu utk praktek bicara dan mendengar karena pengucapan penutur asli berbeda dgn yg bukan penutur asli bahasa tersebut. Serta memperbaiki pengucapan yg salah.
·         Rajin-rajinlah mendengarkan lagu-lagu berbahasa Jepang dari kaset atau VCD.

Semoga Bermanfaat.

Info Terkait: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar