Rabu, 18 Januari 2012

Mengenal Sistem Audio Mobil


Sistem audio mobil yang baik tentunya membuat kita merasa nyaman dan tenang dalam mengendari mobil. Nah untuk menciptakan audio mobil yang bagus, selain didukung dengan head unit yang mantap, tentunya perangkat speaker yang mumpuni.


http://media2.id.88db.com/DB88UploadFiles/2009/04/01/EB84BC51-7701-4FA2-97EC-6006086993A0.jpg

Rentang frekuensi suara yang mampu dihasilkan sistem speaker merupakan diantara 20 Hz – 20 Khz dan itu merupakan sesuai dengan rentang fekuensi pada pendengaran manusia.

Menurut jenis dan rentang frekuensinya ada beberapa jenis speaker pada audio mobil:

- Tweeter merupakan speaker yang biasanya berukuran kecil 0,5 inchi sampai 4 inchi, tergantung merk dan kemampuan cakupan frekuensinya.

Fungsi dari tweeter ini merupakan mereproduksi frekuensi tinggi yang cakupannya pada rentang 3500 Hz hingga 20 Khz. Contoh suara frekuensi tinggi ini antara lain merupakan seperti suara vokal, cymbal drum dan suara dentingan alat musik lainnya.

Tweeter pun juga ada yang dikenal dengan sebutan super tweeter / ribbon tweeter. Jenis ini memiliki bentuk yang berbeda dari tweeter biasa, biasanya persegi panjang dibentuk plat tipis dan mampu menghasilkan suara high frekuensi yang tidak dapat dijangkau oleh tweeter biasa, yaitu pada rentang 5 – 23 Khz.

- Midrange merupakan speaker yang biasanya berukuran sekitar 3-4 inci yang memiliki cakupan frekuensi 350-4500Hz.

Midrange ini biasanya diikutsertakan pada 1 set sistem 3 way car audio. Tugasnya untuk membantu menyempurnakan high frekuensi atau mengakomodasi vokal yang terdengar agar lebih fokus dan jelas.

- Midbass merupakan jenis speaker yang juga biasa disebut midwoofer, fungsinya untuk menghasilkan suara berfrekuensi dengan rentang 80-350 Hz.

Suara yang dihasilkan midbass lebih didominasi pada suara rendah. Biasanya midbass memiliki ukuran diameter 5-7 inci.

- Subwoofer atau woofer, berfungsi untuk menghantarkan suara berfrekuensi rendah atau suara bass.

Untuk woofer dibatasi pada rentang frekuensi 100 Hz atau dibawahnya, namun woofer yang mampu menyemburkan suara pada rentang frekuensi 40 Hz dan dibawahnya bisa disebut sebagai sebuah subwoofer.

Pada biasanya subwoofer memiliki ukuran 12, 15, 18 inci sedangkan woofer sekitar 8-10 inci.

Semoga dengan mengenal jenis speaker ini, Anda bisa memaksimalkan audio mobil Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar