Jumat, 27 April 2012

Motif Dan Warna Dari Batik Pekalongan




Batik Pekalongan – Batik telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai kain khas Indonesia, di Indonesia sendir batik mempunyai banyak jenis dan tiipe, terlebih lagi setiap daerah penghasil batik mempunyai ciri khas batik mereka, sebut saja batik pekalongan yang telah terkenal.

Untuk batik Pekalongan mempunyai cirri khas motif maupun warnanya. Namun Motif batik Pekalongan acap kali tak jauh berbeda dengan motif batik jogja ataupun solo.

Batik pekalongan sering kali memainkan warna dengan lebih bervariasi sehingga sering dijumpai terdapat 8 warna dalam sehelai kain batik.
Untuk anda pecinta batik pekalongan atau sebagai kolektor batik berikut ini beberapa tips untuk memilih batik pekalongan:

Kenali  Jenis Kain Batik yang Anda Inginkan. Dari jenisnya batik pekalongan terdapat batik tulis dan batik cap. Batik tulis memiliki corak yang sama luar dan dalam serta masih tercium bau malam atau lilinnya. Sedangkan batik cap, corak dalam lebih pudar daripada corak luar.

Hal ini jelas membedakan harga antara batik tulis dan batik cap. Berdasarkan bahannya, bahan yang paling baik adalah bahan tenun. Biasa yang dipakai adalah sutera. Maka dari itu, tidak heran harganya paling mahal di kelasnya.

Perhatikan Detail. Dalam menentukan batik  pekalongan perlu perhatikan detail batik harus rapi, teratur, dan cari tahu perbedaan kain batik yang halus dan yang kasar. Coba untuk Anda memilih kain yang halus karena pastinya lebih berkualitas. Semakin kecil-kecil dan rumit motifnya, biasanya batik semakin halus.

Perhatikan Motif dan Warna. pilih motif dan corak batik yang unik. Jangan lupa untuk memperhatikan kombinasi warna dari batik tersebut apakah serasi antar satu warna dengan warna lain.

Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar