Rabu, 01 Februari 2012

Kiat Melepaskan Diri Dari Utang


kta - Dijaman sekarang ini banyak orang yang terlibat utang. Ini dikarenakan kondisi dan gaya hidup yang semakin meningkat. Biasanya orang berhutang karena untuk keperluan bisnis, membeli rumah. Ada jug ayang berhutang karena memang terbiasa bergantung terhadap hutang dalam kehidupan sehari-harinya.


kta

Namun problem dari mereka itu adalah cara membayar hutangnya, bahkan sebagain tidak bisa melunasi hutang tersebut. Agar Anda bisa bebas dari hutang ada beberapa untuk mengubah gaya hidup agar bisa berhemat dan tidak tergantung dari hutang.

- Membagi antara kebutuhan dan keinginan.

Hal ini merupakan salah satu cara sukses untuk berhemat, dan tentunya barang yang Anda beli juga sesuai dengan yang Anda butuhkan dalam kehidupan. Umumnya banyak orang membeli barang berdasarkan keinginan namun fungsi dari barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

- Mengubah kebiasaan berbelanja bulanan

Anda bisa mengubah kebiasaan belanja dengan cara membuat daftar barang yang akan dibeli. Tentunya hal ini akan membuat Anda harus bisa menahan diri terhadap godaan barang-barang yang lain, diluar daftar belanjaan.

- Membayar semua tagihan tepat waktu

Ini merupakan hal penting bagi Anda yang memiliki tagihan baik tagihan kta, kartu kredit, listrik, dan air. Hindari menunda-nunda karena akan terkena bunga tambahan. Gunakan fasilitas autodebet untuk membayar tagihan menjadi salah satu opsi yang tepat.


- Memotong anggaran hiburan

Hal ini harus dilakukan karena anggaran hiburan seperti nonton bioskop, minum di café dan acara nongkrong yang bersifat hura-hura cukup banyak memakan biaya tanpa Anda sadari.

- Menghilangkan kebiasaan bayar minimal batas hutang

Ada beberapa bank yang mematok pembayaran hutang minimum per bulan berkisar antara 2-5% dari total. Hal ini bisa menjadi jebakan bagi Anda agar membayar hutang dalam jangka waktu yang cukup panjang. Sehingga Anda semakin lama berhutang kepada bank.

Semoga dengan tips diatas, Anda bisa mengubah gaya hidup dan semakin cepat terbebas dari lilitan hutang.(wk)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar