Senin, 12 Maret 2012

Apa Saja Kejahatan Joseph Kony



Kony – Mungkin sebagian besar dari kita masih belum mengenal Kony atau Joseph Kony, namun baru-baru ini nama kony melijet setelah aksi kekejamannya di dokumentasikan dalam bentuk video.

Sebuah video tentang kekejaman yg dilakukan oleh pasukan Kony yg bernama Pasukan Perlawanan Tuhan atau Kony 2012, diakses hampir 50 juta penonton sejak awal pekan ini.

Video "anti-Kony" itu dibuat oleh LSM Invisible Children yg ingin menyebarluaskan tentang sosok Kony yg mereka sebut milisi kejam.
Kony memiliki sebuah pasukan militan yg memiliki kemampuan militer, Lord’s Resistance Army (LRA). Kelompok militan yg gemar membunuh ini sudah ada selama 25 tahun. Sekitar 10 tahun lalu, LRA sebenarnya sudah dipojokkan hingga keluar Uganda.

‘Gang’ Kony itu kerap menculik anak-anak di Afrika Utara. Berkat kelompok aktivis kontroversial Amerika Serikat (AS), Invisible Children, Kony dikenal. Mereka berkampanye mengenai korban Kony di Uganda

Kony dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional atas kekejamannya dan sedang diburu 100 anggota Pasukan Khusus AS serta empat negara di negara Afrika Tengah.

Kony didakwa oleh Pengadilan Kriminal Internasional atas 12 kasus kejahatan terhadap kemanusiaan dan 21 tuduhan kejahatan perang . Dia juga dituduh membunuh ribuan dan menggusur hingga 2 juta orang.

Pasukan Kony dituding melakukan kekerasan di empat negara Afrika, Uganda, Kongo, Afrika Tengah dan Sudan Selatan.


Info Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar