Selasa, 27 Maret 2012

Berwisata Di Pemandian Ari Panas Ciater






Wisata Bandung – Siapa yg tak kenal akan pemandian air panas sari ater atau lebih dikenal dgn ciater, objek wisata alam Ini menjadi primadona utuk para wisatawan yg berwisata ke daerah subang, salain di suguhi akan pemandian air hanya yg tak hanyak Nyman namun juga bermanfaat tuk penyembuhan karena mengandung belerang di dalamnya, terlebih lagi wisata ciater bandung ini dikeliliingi oleh panorama yg indah khas gunung tangkuban perahu

Air dalam mata air panas Ciater berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Parahu yg letaknya tidak terlalu jauh dari objek wisata ini. Selain dialirkan ke pemandian, air panas tersebut mengalir melalui sungai sepanjang 2.000 m yg kemudian menjadi dingin dan digunakan tuk kepentingan pengairan lahan persawahan. Konon menurut petani setempat, air ini lebih dapat mempengaruhi mutu panen dibanding air biasa. 

Konon asal muasal kata Ciater pun bermula dari legenda. Sekitar tahun 1960-an, Embah Ebos ini, hutan di kawasan itu diubah menjadi lahan perkampungan dan diberi nama Ciater. Pada saat itu, masyarakat setempat mengalami kekurangan air bersih. Lantas seseorang bernama Embah Tajimalela mencoba memotong pohon ater.

Dari pohon itu ternyata keluar air yg cukup deras.Maka dari legenda itulah warga menjuluki air ater atau Ciater yg berarti air yg memancar. Pancaran air yg keluar dari pohon ater diyakini oleh warga memberi khasiat tuk mengobati sejumlah penyakit, terutama penyakit kulit. Keyakinan itu pulalah yg dibenarkan oleh bangsawan Belanda, Mr Hack Bessel, setelah melakukan penelitian terhadap air berkhasiat. Keberadaan objek wisata air panas Ciater, baru dibenahi pada 1968.

Kini dgn bertambahnya julam wisatawan yg berkunjung, wisata ciater bandung memiliki fasilitas di antaranya sarana akomodasi berupa bungalo, sarana makan-minum, kolam renang air panas, area bermain anak, remaja, dan keluarga, Ciater Hilltop Permanent Track, Ulo Sari Water Slider dgn ketinggian 6,10 meter dan total panjang 49 meter, Outbond, Air Soft Gun, Buggy Cart Off Road, Mini Komedi Putar, serta fasilitas rekreasi lainnya. Tuk tiba di lokasi area wisata air panas, dapat ditempuh dgn mudah.

Dari pusat ibu kota Jawa Barat, Bandung, hanya berjarak 32 km, membutuhkan waktu 30 menit ke arah Subang Kota. Sementara dari arah Jakarta memerlukan waktu tiga jam, melalui tol Sadang, Subang Kota.


Info Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar