Rabu, 21 Maret 2012

Bingung Memilih Bisnis Waralaba Atau Membangun Brand Sendiri






Bisnis Waralaba – Untuk anda yang hendak memulai usaha sendiri sering kali terbentur akan pemikiran mana yang lebih baik dan menguntungkan antara membangun usaha baru atau mengikuti bisnis waralaba yang telah mempunyai nama dan kualitas.
Sebenarnya kedua memiliki potensi dan juga kelemahan. Jika mengambil bisnis waralaba dapat bisa dikatakan lebih aman, namun kita harus tetap mempelajari mekanisme, dan stategi pemasaran dari bisnis waralaba tersebut

Lain halnya apabila kita membangun usaha sendiri dari nol, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan baik itu membangun sebuah nama dan pelanggan, dan tentu saja stategi dalam pemasaran produk yang akan kita jual, Yang harus selalu diingat dan diperhatikan pula, stigma membeli franchise lebih aman daripada memulai usaha sendiri dengan cara dan merek sendiri, tidak sepenuhnya benar. 

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari memilih franchise dibandingkan memulai usaha dengan merek sendiri?

1, yang menjadi nilai jual paling besar dalam bisnis waralaba adalah “branding” alias nama besar yang sudah disandang oleh franchisor. Dengan nama besar yang sudah disandang oleh franchisor, anda tidak perlu lagi membangun kepercayaan konsumen dari awal, namun tetap dalam proses berjalannya bisnis menjaga kualitas dan kepuasan konsumen wajib hukumnya

2, khusus untuk  bisnis waralaba makanan, pastikan standar rasa sama dengan aslinya, karena rasa yang berbeda bisa menentukan kepuasan dari konsumen, takutnya dengan berbeda rasanya masyarakat yang sudah familiar dengan nama waralaba yang anda bawa, sehingga mereka kapok untuk mencoba kembali.

3. Keuntungan terakhir yg bisa didapatan dari sebuah franchise adalah sistem kerja yg sudah standar atau sama dari satu toko ke toko lain. Sistem kerja yg sudah standar ini akan memudahkan karyawan Anda tuk melakukan pekerjaan dan memudahkan Anda sebagai pemilik usaha tuk melakukan kontrol terhadap kerja karyawan, karena sudah jelas tolak ukurnya.



Semoga Bermanfaat

Info Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar