Selasa, 05 Oktober 2010

Anak Anjing dan Tips Merawatnya



Apabila anda telah memutuskan untuk mendapatkan dan membesarkan seekor anak anjing, ada informasi penting yang perlu Anda ketahui sehingga nantinya anak anjing anda tumbuh menjadi anjing berperilaku baik dan tidak menggangu. Sebagian besar orang yang membiarkan anjing mereka berperilaku semaunya. Sering kali kita tidak berpikir tentang fakta bahwa kita bisa saja membentuk kebiasaan tertentu yang akan membuat susah anda dikemudian hari dengan kebiasaan anjing anda tersebut

Pada saat anda memutuskan untuk memelihara anjing dari mulai anakkan (dan memang saya sarankan) pertama kali Anda harus mengambil anak anjing yang telah disapih oleh induknya jadi umur anak anjing sekitar 8 minggu. Mengambil anak anjing sebelum berumur 8 minggu dapat menyebabkan masalah gizi dan juga perilaku, karena mereka kehilangan masa perkembangan bersama induknya maka kesehatan yang buruk dan juga masalah perilaku (karena masih membutuhkan lindungan) akan menjadi masalah dikemudian hari, masalah perilaku yang sering timbul adalah anjing menjadi penakut, murung atau pendiam.

Yang Kedua, Ketika anak Anjing sudah berada dirumah, segera perkenalkan ia dengan anggota keluarga lain, biarkan anjing berinteraksi dengan anggota keluarga anda. Juga jangan biarkan kebiasaan apapun terutama jika anjing anda mulai buang air besar atau kecil. Sediakan tempat khusus seperti pasir atau Koran untuknya membuang kotoran, ajari anak anjing dengan membawanya ke toiletnya jika sudah menunjukkan tanda-tanda ia ingin membuang kotoran. Mendidik anak anjing seperti kita mendidik seorang anak kecil.

Yang Ketiga, jangan biarkan anak anjing anda bermain-main dengan menggigit barang dirumah anda. Percaya deh, kebiasaan itu kalau dibiarkan akan terbawa sampai anjing berusia dewasa. Ini adalah kesalahan yang sangat umum, dan pemilik yang akan menyesal kemudian ketika melihat perabotan rumahnya sudah berubah bentuk. Jangan juga membiasakan anak anjing Anda menggigit tangan atau kaki anda ketika bermain, hal ini bisa membentuk kebiasaan yang wajar bagi anjing anda untuk melakukan gigitan jika bermain sampai dewasa, selain itu kebersihan diri anda dan anggota keluarga anda juga patut dijaga. Terutama bagi saudara-saudaraku yang muslim dimana liur anjing dilarang sama sekali karena bersifat najis.

Yang Keempat tapi jelas tidak kalah penting, Anda harus secara bertahap dan berhati-hati membiasakan anjing Anda untuk bersosialisasi dengan anggota keluarga anda yang lain atau yang sering berkunjung ke rumah, setidaknya pada tahun pertama kehidupan mereka. Anda perlu untuk memperkenalkan anak anjing anda hal-hal yang baru dan juga yang bisa membahayakan diri mereka. Pastikan ketika melakukan sosialisasi selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi anjing anda, anda dan keluarga anda serta hansip sebelah, Berikan selalu pujian dan penghargaan berupa makanan (dan bukan piagam atau sertifikat) jika anak anjing anda melakukan apa yang menurut anda baik.

Semoga bermanfaat

sumber: mypeliharaan.blogspot.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar