Jumat, 15 Oktober 2010

Konstruksi Bangunan Pembuangan Air Kotor/Buangan



Sistem Instalasi
Dari cara penyaluran airnya, sistem Konstruksi Bangunan  dalam pembuangan air kotor, kotoran, air hujan, dan air bekas, dibedakan dalam 2 jenis yaitu sistem campuran dan sistem terpisah. Sistem Konstruksi Bangunan  campuran, artinya air bekas dan air kotor dikumpulkan dan bersama-sama dibuang menggunakan satu aliran. Sedangkan sistem terpisah,air dikumpulkan sesuai dengan jenisnya dan dialirkan secara terpisah. Air kotor menuju ke septictank sedangkan air bekas dan air hujan menuju riol lingkungan.

1) Pipa Air Buangan
Konstruksi Bangunan  pada Pipa air kotor, bekas, dan kotoran keluar dari perlengkapan saniter menggunakan pipa tegak agar air buangan dapat mudah berjalan/mengalir oleh adanya gravitasi bumi. Beberapa pipa dari perlengkapan saniter tersebut digabungkan menjadi satu pada pipa vertikal utama. Tetapi untuk sampai ke pipa vertikal utama tersebut tentu dihubungkan dengan pipa horizontal.



2) Pemasangan Pipa
Pemasangan Konstruksi Bangunan  pada pipa terhadap konstruksi bangunan perlu diperhatikan. Jangan sampai seluruh konstruksi bangunan sudah selesai dikerjakan tetapi pipa belum terpasang. Memasang pipa yang dilakukakan belakangan, akan memperlemah konstruksi bangunan. Untuk itu perlu perencanaan Konstruksi Bangunan yang baik antara perencanaan plumbing dan pemberian  perkuatan pada konstruksi bangunan. Seluruh insatalasi pipa harus sudah terpasang dengan benar sebelum pekerjaan pemasangan lanjutan berlangsung.

Pipa yang menembus Konstruksi Bangunan  di pondasi, akan memperlemah pondasi, maka pada bagian yang menembus tersebut harus diperkuat oleh tulangan lain. Agar permukaan pipa tidak langsung bersentuhan dengan lubang pada pondasi maka diberi selubung. Pipa mungkin saja mengalami patah pada titik di mana pipa tersebut bertemu dengan elemen bangunan. Hal ini terjadi akibat mengembang dan menyusutnya pipa karena adanya perubahan temperatur. Untuk itu, lubang tempat pipa tersebut, diberi selubung pipa baja. Selubung pipa dapat diterapkan pada instalasi pipa horizontal dan pipa vertikal.


a) Pipa Horizontal Terhadap Konstruksi Bangunan


b) Pipa Vertikal Terhadap Konstruksi Bangunan

b. Perangkap
Maksd dipasng perngkap adalah untuk mencegah masuknya gas yang berbau ataupun beracun, atau bahkan serangga.


c. Penangkap
Maksud pemasangan penangkap ini adalah untuk mencegah masuknya bahan-bahn yang dapat menyumbat atau memprsempit penampang pipa yang dat mempengaruhi kemampun instalasi pengolahan air buangan. Adapun jenisnya meliputi :

a. Penangkap minyak
b. Penangkap lemak
c. Penangkap pasir
d. Pengkap rambut


Sumber: gurumuda.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar