Senin, 18 Oktober 2010

Invasi Jasa Konsultan Asing Terhadap Pasar RI



Perusahaan jasa konsultan perusahaan dan pelatihan nasional kian terancam kehilangan ceruk pasar dalam negeri akibat banyaknya jasa konsultan perusahaan sejenis dari luar negeri yang masuk melalui jaringan bisnisnya di Indonesia. Untuk mengetahui kiat perusahaan jasa konsultan perusahaandan pelatihan lokal menghadapi persaingan yang semakin berat, Bisnis mewawancarai Managing Director Coreaction Training Consulting, Kevin Wu, di Jakarta baru-baru ini. Berikut petikannya

Bagaimana peta persaingan perusahaan jasa konsultan perusahaan dan pelatihan di Indonesia?

Jasa konsultan perusahaan dan pelatihan asing tertarik menggarap pasar Indonesia, baik masuk secara langsung atau lewat mitra bisnisnya, melayani klien perusahaan skala besar multinasional di Indonesia, terutama di bidang pertambangan.

Menurut data Ikatan Nasional Konsultan Indonesia tercatat sebanyak 6.500 perusahaan jasa konsultan perusahaan dan pelatihan di Tanah Air sekitar 75 perusahaan di antaranya berasal dari 14 negara a.l. AS, Inggris, Prancis, Belandadan Jepang, menguasai 80% pasar jasa A Indonesia.

Sebanyak 6.500 perusahaan yang tersebar di 33 provinsi itu dengan spesifikasi konsultan manajemen, komputer dan teknologi informasi, investas, keuangan, teknologi, keuangan, pemasaran, perdagangan dan pertambangan. Seluruh Jasa konsultan perusahaan  dan pelatihan, baik yang lokal maupun asing, memperebutkan pangsa pasar jasa konsultan sektor migas di Indonesia dengan nilai bisnis sekitar US$300 juta pada 2009. Asing kuasai sekitar 80% Selain juga bersaing di pasar jasa konsultan nonmigas yang mencakup a.l. bantuan luar negeri, APBN, APBD dan proyek swasta dengan nilai bisnis mencapai US$450 juta-USSSOO juta pada tahun yang sama.

Sejauh mana tingkat apresiasi pengusaha Indonesia terhadap Jasa konsultan dan pelatihan asing?

Jasa konsultan perusahaan dan pelatihan asing bagi sebagian bersar perusahaan di dalam negeri masih dilihat sebagai sesuatu yang mewah, Namun, karena orang Indonesia masih banyak yang latah, senang merek asing, maka banyak yang pakai perusahaan jasa konsultan dan pelatihan dari luar negeri. Tertarik pada brand, packaging atau cara penyajiannya.

Padahal Jasa konsultan perusahaan lokal tidak rendah diri jika harus bersaing dengan yang dari luarnegeri. Dalam beberapa kesempatan kami temukan, konsultan asing memberikan solusi tidak jauh berbeda dengan yang diberikan konsultan lokal.

Apa daya saing yang harus dikembangkan oleh perusahaan Jasa konsultan dan pelatihan lokal?

Persoalan kita pada umumnya kurang kuat pada komunikasi, fungsi public relation dan percaya diri. Ini yang harus terus diperbaiki agar daya saingnya semakin kuat, disamping meningkatkan kemampuan untuk membantu dientnya. Itu agar dapat memanfaatkan pasar dalam negeri.

Namun, masih banyak anggapan tidak murah biaya untuk menggunakan Jasa konsultan perusahaan dan pelatihan?

Berbagai solusi yang dibutuhkan perusahaan yang kinerjanya bermasalah itu sebenarnya tidak banyak didapat dari lembaga sekolah formal. Tetapi berasal dari informasi, pengetahuan dan pengalaman para konsultan atau tenaga ahli.

Sumber: bataviase.co.id
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar