Senin, 18 Oktober 2010

Web Desain menggunakan Web Page Editor




Menggunakan Web Page Editor tentu saja memudahkan siapa saja melakukan web desain, web desain bisa dilakukan oleh Seseorang tanpa perlu mengetahui detail bahasa markup seperti HTML. Cukup drag and drop, situs pun siap tampil di www (World Wide Web) alias internet. Namun dibalik kemudahan ini ada potensi bahaya yg membuat kita sebaiknya waspada. Terutama menggunakan tool desain HTML apapun (selain notepad dan Macromedia Dreamweaver)

Kelebihan Editor HTML

Ambil contoh, Web desain HTML menggunakan Web Page Editor seperti Microsoft Front Page 2000, Outlook, Microsoft Word dan software lain yg masih satu keluarga dengan microsoft office. Dereten Software ini bisa dimanfaatkan membuat website. Kita cukup drag & drop dan halaman statis html pun tercipta. Seseorang yg ngak pernah belajar coding pun bisa jadi web designer berkat tool windows ini.
Kekurangan Editor HTML

Berikut ini adlah contoh perubahan yg dilakkan saat kita menyusun kalimat [Web Desain itu gampang kok sumpah pramuka banget!] dgn menggunakan frontpage. Maka outputnya bakal seperti ini :

Web Design itu gampang kok sumpah pramuka banget!

Kode diatas memperlihatkan kalau kode HTML paragrap buatan kita sudah diubah karena tidak seharusnya ada yg namanya class=”MsoNormal”. Class ini biasa dipakai pada software buatan windows Sehingga halaman HTML kita bisa jg dibuka menggunakan software windows selain frontpage. Jadi semacam kode yg memberitahukan software windows lain kalau kalimat itu paragrap yg dibuat memakai software sesama keluaran windows contohnya browser Internet explorer.

Namun, sayngnya, class MsoNormal ini bukan standar dalam dunia web desain sehingga membuat web yg dibuat pakai Front Page itu hanya tampil normal saat ditampilkan menggunakan Internet Explorer, browser Microsoft. Sementara saat dilihat menggunakan browser modern seperti Firefox dan Opera maka web desain situs jadi amburadul dan jauh berbeda dengan apa yg kita buat di frontpage.

Oleh karenanya, hindari penggunaan software editor yg menjanjikan kemudan tanpa mempertimbangan kompabilitas web dgn berbagai browser populer. Usahakan belajar web desain menggunakan macromedia dan notepad. Memang bukan cara belajar coding HTML yg mudah.

Sementara Batik cap itu seperti mendesain blog / web menggunakan tool desain khusus yg membuat hasil akhir coding tidak sebagus bila dilakukan dengan tangan alias coding langsung.

Untuk Pemula
Perlu diingat, hampir semua web site populer dicoding langsung tanpa bantuan frontpage. Seandainya mereka mendesainnya menggunakan tool editor ini maka bersiap saja untuk tidak populer hehehehe karena kemampuan bahasa markup framework apapun tidak akan se-optional metode coding dengan tangan. Web jadi lambat, overheat, dan bogus! Output HTML desain kita ngak ke kontrol dan akhirnya malah berakhir jadi web jelek.

Sumber: www.bakawan.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar