Senin, 18 Oktober 2010

Manajemen Bisnis: Panduan Membuat Produk Anda Memiliki Nilai Lebih



Produk baik berupa barang atau jasa merupakan sumber penghasilan dari suatu perusahaan. Produk adalah sesuatu yang ditawarkan oleh phak produsen kepada konsumen. Karna itu produk tidak dapat anda tawarkan begitu saja dengan konsumen tanpa membatnya menjadi lebih menrik dibandingkan dengan prduk pesaing anda. Harus ada nilai lebih yang bisa menjadi alasan kenapa konsumen harus memilih produk anda. Karena itu saya menyusun daftar atau check list atau standar manajemen bisnis yang sebiknya dipenuhi agar produk anda mmpu bersaing dan mdah-mudahan dapat membuat konsumen memilih produk anda.

1. Kualitas Terbaik
Dalam manajemen bisnis Kualitas merpakan standar pertama yang harus dipenuhi oleh suatu produk dan layanan. Dalam manajemen bisnis  tidak mengenal kompromi untuk standar kualitas suatu produk kecali anda mau mengubah kemasan produk dan nama perusahaan dan manajemen bisnis anda. Kenapa karena tanpa kualitas anda hanya dapat menipu konsumen sekali saja, begtu konsumen membeli produk anda dan tidak menemukan kualitas yang diharapkan maka konsumen tersebut kemungkinan besar akan meninggalkan anda. Kecuali memang tidak ada pilihan lain selain produk anda.

2. Harga Pantas
Orang bilang harga tidak berbohong yang artinya bila harga suatu barang mahal maka memang harga mahal itu wajar untuk produk yang berkualitas. Maksud sebenarnya dalam manajemen bisnis  adalah harga suatu produk haruslah dalam jangkauan yang wajar, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Karena bila harga terlalu mahal maka konsumen akan berpikir beberapa kali sebelum membeli produk anda.

Berikut cara menentukan harga yang wajar dan pantas untk produk anda:

  • Tentukan harga modal per item dari produk anda.
  • Lakukan survei produk sejenis dan tentukan range produk untuk kategori murahan dan  kemahalan.
  • Anda tinggal memilih dari jangkauan harga wajar dari harga tertinggi dan terendah produk tersebut

3. Kemasan Menarik
Kemasan dalam manajemen bisnis merupakan kunci pemikat pertama dari suatu produk. Kemasan menjadi daya tarik visual untuk produk anda.

berikut tips dan trik tanda kemasan Menarik

  • Menarik, desain produk yang menarik dan unik akan menjadi nilai lebih yang membedakan produk anda dengan produk sejenis

  • Bentuk yang ergonomis, bentuk yang disesuaikan dengan keadaan fisik manusia membuat pengguna produk lebih nyaman dalam menggunakan produk tersebut.

  • Sentuhan berkualitas, setelah melihat konsumen akan tertarik untuk menyentuhnya.

  • Aroma yang menggugah, aroma secara tidak sadar mempengaruhi kondisi psikologis seseorang.

  • Informasi baik, jangan lupa sertakan informasi penting dengan produk anda. Baik itu cara penggunaan, efek samping, dll.

4. Penuhi Kebutuhan Konsumen
Menurut manajemen bisnis, Anda harus jeli melihat kebutuhan konsumen, apa yang sedang mereka perlukan atau yang akan mereka butuhkan

5. Ikuti Tren Pasar
Anda senang tren, atau model yang sedang laku di pasaran. Tidak ada salahnya kita selalu terbuka dan menerima perubahan pasar. Karena perubahan tren pasar merupakan perubahan kebutuhan para konsumen.

Sumber: www.thinkrooms.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar