Kamis, 24 Juni 2010

Beriklan di Blog, Why Not?




Jika Anda pengusaha, pemilik merek atau manajer merek, maka ketika akan pasang iklan di media Internet yang teringat adalah portal-portal seperti Detikcom, Kompas Cyber Media, atau Friendster. Beberapa media khusus seperti 88db, kini menjadi alternatif baru untuk pasang iklan, tentu bagi pengiklan khusus. Namun, satu dua pasang iklan kini sudah mulai melirik media baru: BLOG.

Kenapa blog?

Pertama, baik blog maupun portal itu pada hakekatnya adalah pasar, tempat di mana banyak orang berkumpul di dunia maya.

Bedanya hanya dalam hal isi, fasilitas, dan orientasi bisnis. Karena tujuan membangun portal adalah laba, maka portal dibangun begitu serius, dengan berbagai fasilitas unggulan, dikelola dengan manajemen yang ketat, sehingga mampu mengundang sebanyak mungkin pengunjung online, yang ujung-ujungnya mampu menarik pengiklan untuk pasang iklan atau menghasilkan transaksi.

Sebaliknya, blog biasanya hasil kerja perorangan, diperbarui jika sang empunya lagi punya waktu atau topik. Sangat sulit menemukan blog yang diperbarui secara berkala, dengan konsistensi tinggi selama bertahun-tahun. Tidak heran jika diantara ribuan blog di Indonesia, hanya segelintir blog yang mampu menancap di benak pengguna Internet.

Kedua, blogger biasanya punya perilaku baru: jalan-jalan ke blog-blog lain. Istilah kerennya: blog walker.

Begitu mereka menemukan blog keren, mereka akan berhenti sejenak, membaca, memberi komentar. Jika bog tersebut memang memikat, maka mereka akan menambahkan tautan di blog mereka, sehingga menjadi bacaan tetapnya, sekaligus komunitas barunya.

Ketiga, waktu blogger semakin berkurang untuk membaca media online.
Memang saya belum melakukan riset mengenai hal ini. Namun saya amati, begitu seseorang menjadi blogger, semakin banyak waktu online-nya yang tersita untuk mengisi blognya sendiri, membaca jaringan blognya dan memberi komentar, serta berinteraksi dengan blog lainnya. Akibatnya, jika sebelumnya waktu mereka lebih banyak untuk membaca media online tradisional, kini terbagi untuk media online.

Jadi kini tibalah saatnya para pemasar, pemilik brand, atau brand manager untuk memulai memantau pasar ini dengan baik. Xplore –kartu pasca bayar XL — sudah memulai langkah ini dengan pasang iklan MakinSeru di beberapa blog, termasuk blog Enda, Pecas Ndahe dan blog Gombal.

http://virtual.co.id/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar