Kamis, 24 Juni 2010

Tips Pindah Rumah




Tak dapat disangkal, pindah rumah membutuhkan fisik dan pikiran yang tidak sedikit dan pasti meletihkan. Makanya, dibutuhkan perencanaan matang.

Langkah Pertama
a. Pertama Anda harus memutuskan apakah Anda berniat menggunakan jasa removal company atau tidak. Pertimbangkan juga, apakah Anda membutuhkan jasa pengangkutan untuk barang-barang Anda.

b. Buatlah janji dengan removal company dan perusahaan pengangkutan. Jangan lupa, mintalah rekaan biayanya secara tertulis. Ketahuilah jaminan yang dapat diberikan perusahaan bila dalam pindah rumah terjadi kerusakan barang.

c. Jadwalkan hari kepindahan Anda pada hari kerja saat bank, perusahaan listrik, air dan telepon bisa memberikan pelayanan.

d. Buatlah perencanaan di mana barang-barang harus diletakkan di rumah baru Anda. Informasikan perencanaan tersebut pada jasa pengangkutan atau removal company yang Anda pakai. Kalau perlu, ajak petugas dari jasa pengangkutan untuk melihat rumah baru Anda, berikut tempat penyimpanan barang-barang tersebut.

Jangan Lupakan Arsip-Arsip
a. Rapikan semua arsip penting keluarga, mulai akte kelahiran, surat kawin, akte rumah, surat asuransi, ijazah dan sebagainya. Jika Anda berencana pindah ke luar kota, lengkapilah dengan transkrip ijazah di sekolah anak-anak Anda.

b. Jangan lupa, beritahu kantor pos, bank, asuransi, kantor dan teman-teman Anda tentang alamat baru serta mulai tanggal berapa Anda pindah alamat.

MENGEPAK BARANG
a. Beberapa minggu sebelum pindah, mulailah menghabiskan barang-barang yang tidak tahan lama dari kulkas. Begitu habis, bersihkan kulkas. Sementara itu, mulailah mengepak barang-barang yang tidak Anda butuhkan selama waktu tersisa.

b. Mulailah menjual atau memberikan peralatan rumah tangga atau tanaman yang tidak akan Anda bawa. Mungkin Anda bisa melakukan garage sale saat itu.

c. Inventariskan barang-barang yang akan Anda bawa pindahan. Mebel dan barang berharga harus diperiksa dan dicatat kondisinya sebelum pindah.

d. Beri nomor pada boks atau kotak tempat barang yang sudah dipak. Mengepak barang per kamar akan memudahkan saat membongkarnya kembali. Buatlah catatan, berapa kotak yang Anda gunakan dan apa isi tiap-tiap kotak. Tanpa sadar Anda sudah menginventariskan barang yang Anda miliki, kan?

e. Pakai sebuah kotak khusus untuk barang yang akan Anda butuhkan segera setelah pindah. Misalnya perlengkapan mandi, obat-obatan, handuk, wajan dan sodet, gunting, beberapa piring dan gelas serta alat makan. Letakkan kotak khusus ini di mobil Anda, sehingga mudah diraih.

f. Kalau Anda menyewa jasa pindah rumah, berilah mereka panduan jelas lokasi rumah baru Anda.


http://properti.kompas.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar