Jumat, 06 Agustus 2010

10 Cara Mudah Memilih Topik Penelitian




Menentukan Topik penelitian adalah  tahapan awal, gerbang awal  yang sangat penting sebelum melakukan penelitian.  Dengan menentukan topik penelitian maka kita telah menemukan satu dian yang menerangi dan menjadi rujukan kita dalam melangkah di “kegelapan penelitian”. 

Berikut adalah telaah singkat dan contoh-contoh dalam menentukan topik penelitian. 

1. Topik penelitian bisanya didasarkan pada hal yang menarik peneliti untuk melakukan penelitian dan di olah data tersebut
  
2. Topik penelitian haruslah menjiwai dari seluruh apa yang ditulis dalam penelitian
  
3. Topik penelitian dapat dicari dengan memperhatikan keadaan sekitar, kantor sendiri, perusahaan tempat bekerja, keadaan keluarga, kantor teman,  masyarakat sekitar, lewat hobi, lewat surat kabar, majalah, internet dan lain-lain.  Misalnya seorang yang bekerja sebagai kasir bank syariah, saat bekerja sering memperhatikan antrian panjang.  Ia berfikir bagaimana agar antrian dapat diatur lebih tertib, efisien dan tidak membebankan perusahaan.  Akhirnya ia tertarik untuk menelitian dengan topik antrian, yang teorinya dapat ia ambil dari buku manajemen produksi. Demikian topik dapat dicari dari sesuatu yang kita perhatikan sehari-hari.
  
4. Dengan memiliki topik penelitian maka dengan mudah mencari judul penelitian, tetapi judul penelitian belum tentu sama dengan topic penelitian karena judul tersebut bisanya berubah-ubah / fleksibel, dan harus disesuaikan dengan kesukaan peneliti dan topik penelitian. harus diuji dengan Topik penelitian bisa.
  
5. Topik penelitian harus didukung dengan olah data penelitian yang akan dicari, artinya data tersebut mudah didapatkan
  
6. Topik penelitian dapat dianalisis dengan kajian kualitatif dan kuantitatif
  
7. Topik penelitian sebaiknya mudah direalisasikan dan tidak sukar dalam olah datanya, jangan memilih topik yang sulit dan tidak rasional, apalagi tidak didukung oleh dana, waktu dan tenaga yang memadai.
  
8. Topik penelitian sebaiknya dibicarakan pula dengan dosen pembimbing sehingga komunikasi tidak putus, dan berhubungan dengan apa yang diinginkan oleh dosen pembimbing
  
9. Topik penelitian kadang tidak tertulis langsung dalam penelitian, tetapi “rohnya” terasa dalam melakukan tahapan-tahapan penelitian dari Bab pendahuluan sampai dengan Bab kesimpulan.

10.  Buatlah beberapa topik penelitian yang olah datanya akan dijabarkan dalam judul penelitian, dan siapkan hal tersebut sebelum menghadap dosen pembimbing.



Semoga bermanfaat


http://www.mediaskripsi.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar