Selasa, 24 Agustus 2010

Tips Berlatih Dengan Alat Fitness Yang Benar



Ingin memastikan latihan kebugaran Anda yang sudah dilakukan rutin itu tidak tersia-sia, coba lakukan 7 tips berikut.

Jadwalkan Waktu Makan Sebelum Berlatih
Steve Zim, pengarang Hot Point Fitness mengatakan, jika Anda mengkonsumsi makanan berprotein dan rendah karbohidrat 90 menit sebelum berlatih akan membantu Anda tahan berlatih lebih lama dan lebih keras. Artinya, Anda akan bisa membakar lemak lebih banyak dari biasanya

Bernapas Lewat Hidung
Selama menggunakan alat fitness upayakan untuk menarik dan menghembuskan napas lewat hidung. Dengan begini, detak jantung akan lebih stabil, yang berarti meningkatkan daya tahan berlatih lebih lama. Hasilnya, Anda pun akan berlatih lebih lama dan membakar kalori lebih banyak.

Kardio di Akhiran

Selama ini, biasanya kita diajarkan untuk melakukan kardio di awal latihan sebelum mengunakan alat fitness, lalu dilanjut dengan latihan inti. Namun, Ken Fitzgerald, pemilik Lift Gym di New York mengatakan jika ingin membakar lemak lebih banyak, sebaiknya lakukan kardio di akhiran latihan. Menurutnya, tubuh butuh 15 menit untuk pemanasan lalu kemudian mulai membakar lemak. Jadi, ketika Anda melakukan kayuh sepeda selama 30 menit, Anda hanya membakar lemak selama 15 menit di akhiran latihan Anda. Namun, jika Anda mengangkat beban terlebih dulu, tubuh Anda sudah menghangat ketika Anda mulai berolahraga di sepeda, dan Anda pun mulai membakar lemak di setiap kayuhan sepeda.

Variasi

Ketika Anda melakukan gerakan rutinitas yang sama setiap kali berlatih, maka tubuh Anda akan mulai beradaptasi, dan berhenti membakar lemak. Jadi, jika hari ini berlatih joging, cobalah untuk bersepeda, atau berenang di jadwal berlatih Anda berikutnya

Jangan Membungkuk

Menyandarkan seluruh beban tubuh pada besi ketika menggunakan alat fitness  Anda akan membatasi jumlah oksigen yang akan masuk ke dalam tubuh, sehingga memperlambat proses pembakaran lemak. Tiang dan besi pegangan di depan Anda itu fungsinya untuk menyeimbangkan tubuh, bukan untuk menahan beban tubuh Anda. Jika Anda tak bisa bergerak tanpa memegangnya, turunkan kecepatan Anda.

Berlatih dalam Interval

Cara terbaik untuk membakar lemak adalah dengan berlatih sekeras dan selama yang Anda sanggup, ujar Malick Diop pelatih di Equinox Gyms. Namun, jika Anda baru saja mulai berlatih, maka kunci Anda adalah dengan memberikan interval pada latihan Anda. Misal, lakukan 2 menit berjalan di treadmill dengan kecepatan 7 mil per jam, terus lakukan ini dalam waktu 20-40 menit. Lama kelamaan, Anda akan mampu menambahkan yang berintensitas tinggi (dan mengurangi yang ringan), hingga seluruh latihan Anda yang menggunakan alat tersebut berlangsung dalam kecepatan tertinggi tadi.

Tambahkan Angkat Beban Ringan
Semakin banyak membangun otot, makin banyak kalori yang terbakar. Jadi, jika Anda tak bisa menemukan waktu untuk berlatih beban dan melakukan kardio, disarankan untuk melakukan latihan otot bisep, atau menggenggam 1-1,5 kg beban saat Anda sedang berlatih jalan cepat, atau menaiki tangga. Ini akan membantu membentuk otot, yang hasilnya akan membakar lemak lebih banyak selama berlatih kardio ketimbang saat Anda berlatih tanpa beban tambahan.


kompas.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar