Jumat, 20 Agustus 2010

Bagaimana Perawatan Perangko




Anda sebagai kolektor perangko? Ternyata setelah dikumpulkan, perangko juga butuh perawatan lho. Agar gambarnya tak pudar dan perangko tetap awet.

Simak tips berikut.

Perangko. Benda yang berfungsi sebagai 'pengantar surat' ini diminati banyak kolektor. Selain bentuk dan gambarnya yang unik, perangko dari masing-masing negara pun berbeda variasinya.

Itulah mengapa banyak para kolektor yang rela berburu perangko kemana saja. Kadangkala perangko terbit dengan seri yang unik dan dalam jumlah terbatas. Tapi tahukah Anda bahwa perangko yang sudah dikumpulkan itu juga membutuhkan perawatan. Apalagi jika perangko bekas.

Perangko bekas membutuhkan lebih banyak perhatian dibanding perangko baru. Tapi keduanya sama-sama perlu Anda jaga jika menginginkan perangko panjang umur.

1. Untuk perangko baru sebaiknya diletakkan dalam album perangko khusus. Jika perangko masih dalam keadaan utuh (belum terpotong-potong dalam satu seri) lapisi perangko dengan plastik pembungkus dan letakkan dalam album.

2. Untuk perangko bekas sediakan pula album perangko khusus. Ada perlunya Anda memisahkan letak perangko baru dan bekas.

3. Sebelum menyusun perangko bekas dalam album, ada baiknya Anda melakukan hal ini. Rendam perangko dalam air diamkan hingga bagian belakang perangko yang biasanya tertempel kertas amplop terlepas. Setelah itu angkat perangko dari air dan letakkan di atas kertas koran. Agar perangko lebih cepat kering. Lakukan secara hati-hati karena dalam keadaan ini perangko mudah robek. Tapi ingat, bagian yang menempel pada kertas koran adalah bagian bawah. Hindari menempelkan bagian gambar perangko yang basah di atas kertas lainnya karena ini akan membuat gambar terkelupas. Untuk lebih baiknya gunakan pinset khusus saat melakukan proses ini.

4. Sebelum menyimpan kembali perangko, pastikan ia dalam keadaan kering. Karena satu saja perangko yang basah dapat menyebarkan jamur pada semua perangko Anda.

5. Yang terakhir, letakkan album perangko Anda di tempat yang kering dan terjaga. Misalnya dalam rak buku. Usahakan jangan sampai lembab. Karena perangko Anda yang tua itu akan mudah rusak dan tak indah lagi.

Selamat mencoba!!!

http://leniawati.multiply.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar