Jumat, 20 Agustus 2010

Karya Seni Berbasis Twitter



Selama empat tahun, Twitter telah memperkenalkan banyak hal baru. Para pemilik akun situs mikroblog ini bisa berbagi berita paling baru, bertukar foto, musik, dan sebagainya.

Selain itu, Twitter juga menginspirasi sejumlah seniman yang membuat karya seni berdasarkan jejaring sosial ini. Berdasarkan tweet, mereka menciptakan karya seni yang kemudian disebarkan dalam jaringan. Berikut enam karya seni di antaranya seperti ditulis laman Mashable:

1. Portwiture
Portwiture adalah proyek gabungan Twitter dangan Flickr yang mengubah tweet menjadi sebuah mosaik. Laman ini bekerja dengan menelaah tweet-tweet terakhir dan mengambil kata yang paling sering digunakan.

Portwiture memasangkan kata kunci tersebut dengan foto-foto dari Flickr. Jumlah kata kunci yang digunakan dan pembatasan akun Flickr bisa diatur.

2. Twitter Mosaic
Mirip dengan Portwiture, Twitter Mosaic juga membuat mosaik cantik namun bedanya, gambar yang dipakai merupakan foto-foto profil pengikut (follower). Pemilik akun dapat menyusun foto yang akan digunakan sesuai keinginan. Hasilnya dapat ditempel di laman pribadi atau dibeli dalam bentuk mug atau kaos-T.

3. TimeTweet
Laman ini mengubah tweet menjadi seperti tampilan jam digital. TimeTweet mencari tweet yang berisi nomor kemudian menempatkan tweet-tweet tersebut berdasarkan urutan tertentu sehingga membentuk penanda jam, menit, dan detik. Hasilnya ini dapat digunakan sebagai screensaver untuk Mac.

4. Twitterfountain
Twitterfountain mengambil teks dan foto dan menggabungkan mereka untuk membuat karya yang terus diperbarui dengan sendirinya. Hasilnya dapat digunakan untuk laman blog pribadi.

5. Twistori
Twistori mengelompokkan tweet berdasarkan kata kunci seperti love, hate, think, believe, feel, atau wish. Tampilan laman ini membuat Twistori menjadi salah satu karya seni berbasis Twitter favorit. Pengguna Mac dapat mengunduh Twistori dan mengubah penampilan kata kuncinya sesuai keinginan.

6. Twyric
Proyek gabungan Twitter dan Flickr ini mengambil tweet dengan hashtag seperti #haiku, #twyric, #lyric, #poetry, #poetic, dan #poem. Twyric kemudian mengambil tweet tersebut dan memasangkannya dengan gambar dari Flickr.


Sumber: VIVAnews.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar