Rabu, 25 Agustus 2010

Kemeja Panjang - Tips Melamar Kerja

Setelah lulus kuliah biasanya orang ingin cepat mencari pekerjaan dan kebiasaan gaya berpakaian kita kadang saat kuliah selalu casual dan sederhana saja bila anda ingin masuk dunia kerja maka anda harus terbiasa dengan pakaian kemeja panjang atau lengan pendek sebab dalam dunia kerja berpakaian rapih adalah penghargaan untuk perusahaan tempat anda bekerja dan apalagi saat anda ingin interview kerja penampilan merupakan penilaian kesan pertama interview anda, jadi mulailah berpakaian rapih ketika anda mulai memasuki dunia kerja, Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan apabila ingin lulus ketika mencari pekerjaan:

1. Dapatkan nilai yang baik ketika kuliah.

Pada masa ini, tidak dapat dipungkiri, nilai IPK sangat menentukan dalam mencari pekerjaan, apalagi untuk kerja yang pertama kali. Raihlah IPK minimal 3,00 untuk kampus negri, dan 3,25 untuk kampus swasta.

2. Mulai mendaftar website job seeker, seperti jobsDB, dan jobstreet.

Tentunya aktif pula melihat-lihat website yang memberi informasi tentang lowongan pekerjaan (seperti cdc.ui.ac.id, pcd.itb.ac.id, lowonganbumn, dsb dsb)

3. Pilihlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan latar belakang pendidikan.

Apabila anda memiliki latar belakang pendidikan anda ekonomi, janganlah mendaftar lowongan engineer pertambangan, atau kalau anda lulusan MIPA, tidak akan keterima untuk posisi legal officer. Namun banyak pula lowongan pekerjaan yang tidak mensyaratkan jurusan, dan dibuka untuk semua jurusan.

4. Mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam tes

  • Persiapan berkas-berkas: Siapkanlah berkas-berkas yang diperlukan dalam satu tempat khusus. Berkas tersebut antara lain CV, fotokopi ijasah, transkrip akademik, ktp, dan foto. Untuk PNS biasanya mensyaratkan berkas tambahan yaitu fotokopi kartu kuning, dan surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian. Beberapa berkas lain yaitu fotokopi surat keterangan sehat & tidak buta warna, copy pasport, dll.
  • Persiapan alat tulis : Pulpen, pensil, penghapus, kalkultor
  • Persiapan pakaian : Pakaian formal kerja, kemeja lengan panjang, celana bahan, bila perlu persiapan Jas, serta sepatu kerja. Begitu pula untuk yang wanita.
  • Persiapan bahan ujian.Biasanya ada beberapa tes, wawancara, bahasa Inggris (TOEFL), psikotes, logika, forum group discussion, dll.

5. Belajar serious Jangan meremehkan tentang belajar.

Ada ungkapan “Bisa karena biasa”. Tes kerja ini seperti mengikuti SPMB/SMPTN, semakin sering belajar dan mengikuti tes kerja, maka nantinya akan terbiasa.

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar