Jumat, 27 Agustus 2010

Prosese Pembuatan Digital Animasi



ada baiknya kita mengetahui definisinya terlebih dahulu. Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan pada gambar yang ditampilkan.

Ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah 'gerakan'.

Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi.

Proses pembuatan digital
Setelah perkembangan teknologi komputer di era 80-an, proses pembuatan desain animasi 2 dimensi menjadi lebih mudah. Untuk penggarapan desain animasi sederhana, mulai dari perancangan model hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat. Maka belajar animasi dengan teknik ini jelas lebih mudah dan dana yang dibutuhkan cukup ringan.

1. Pra-produksi
      Konsep, Skenario, Pembentukan karakter, Storyboard, Dubbing awal, Musik dan sound FX.

 2. Pasca-produksi
      Lay out, Key motion, In Between, Background, Scanning, Coloring.

 3. Post-produksi
      Composite, Editing, Rendering, Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya.

Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.

Anda bisa belajar animasi dari Tom Cardon, seorang animator yang pernah menangani animasi Hercules yang mengakui peran penting komputer dalam animasi. Perbaikan secara konvensional untuk 1 kali revisi memakan waktu 2 hari sedangkan secara digital hanya memakan waktu berkisar antara 30-45 menit.

Perkembangan animasi sebenarnya telah meluas di Indonesia, bahkan ada beberapa studio yang telah membuat animasi lisensi luar dikerjakan oleh tenaga ahli local. Setidaknya, Indonesia sudah lama terkenal hanya sebagai tempat produksi industri film animasi Jepang dan Amerika Serikat. Jika Anda belajar animasi, maka peluang lebar pun ada di depan mata.


http://anneahira.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar