Selasa, 27 Juli 2010

Kebaya Identitas Wanita Indonesia



Perkembangan dunia mode bisa begitu cepat, bak cepatnya perkembangan dunia maya. Tetapi bagi publik mode di Indonesia, ternyata kebaya masih menjadi pilihan yang cocok digunakan untuk beragam acara. Bagaimana memilih yang tepat untuk tubuh Anda, juga merawatnya. Di awal tahun baru ini beragam tips baju kebaya dan merawat kain tradisional bisa Anda simak.

Seiring berjalannya waktu, baju kebaya pun menjadi sebuah simbol feminisme, busana khas perempuan yang kini menjadi busana nasional dan model kebaya modern. Kini, desain kebaya dengan sentuhan lebih modern atau kontemporer cocok dikenakan tidak sebatas acara formal. Model desain kebaya pun sangat bervariasi. Berbagai model kerah, lengan, panjang kebaya ataupun teknik pemotongan bisa menjadi pilihan. Rentang usia pemakai kebaya juga sudah melebar.

Dulu, penggunaan baju kebaya hanyalah menjadi pakaian andalan untuk kaum ibu. Namun, saat ini ada berbagai model kebaya kontemporer yang juga cocok untuk remaja dan kaum muda. "Kebaya tidak akan lekang oleh waktu. Kebaya bukanlah pakaian kuno seperti anggapan beberapa orang," ungkap desainer asal Semarang, Gregorius Vici, belum lama ini.

Tips dan trik Jika pilihan baju etnik model tunik ataupun baju kebaya modern dari penjahit kebaya sudah bosan, masih punya pilihan mengenakan gaun terbuka. Bila bosan dengan tunik, Anda masih dapat mengenakan kebaya tradisional untuk menghadiri undangan. Berikut tips memilih baju kebaya, pilihlah desain kebaya dari penjahit kebaya yang sesuai dengan usia, bentuk dan tinggi badan. Untuk yang berusia muda, pilih baju kebaya modern yang panjangnya tidak melebihi pinggang atau sedikit lebih panjang dengan aksen bordir yang sederhana. Sementara untuk yang sudah berusia 'matang' pilihan jatuh pada kebaya tradisional panjang dengan bordiran yang lebih 'berat'. Untuk pesta di siang hari, pilih warna baju kebaya yang lembut dan ringan (pastel). Sebaliknya, warna yang lebih terang atau cenderung gelap dengan detail gemerlap cocok untuk dikenakan dalam acara di malam hari.

Kebaya akan beralih fungsi sesuai modifikasi yang diberikan. Sebagai bawahan baju kebaya, juga tidak selalu harus kain, tetapi dapat pula dipadupadankan dengan rok atau celana. Kebaya dengan bawahan rok akan menjadi gaun malam nan elegan. Sedangkan kebaya dengan sentuhan celana, cocok dikenakan untuk cocktail party.

http://www.balipost.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar