Rabu, 21 Juli 2010

Hati-hati Gonta-Ganti Jenis Bahan Bakar




Melambungnya harga pertamax dan pertamax plus membuat para pengguna kendaraan berpikir keras, apakah terus menggunakan bahan bakar ini ataukah berpaling ke bahan bakar yang harganya lebih murah seperti premium. Padahal, dengan seringnya melakukan penggantian bahan bakar ini dapat mempercepat kerusakan pada jarum pelampung (needle valve) sepeda motor.

Bila akan melakukan penggantian, sebaiknya cukup sekali dan tidak baik untuk melakukan penggantian berkali-kali. Dan kita dapat melakukan service motor kepada jarum pelampung, karena perawatan yang bagus usia jarum pelampung bisa mencapai sampai tiga tahun lebih. Bahkan jarum pelampung imitasi pun tidak masalah digunakan bila service motor secara berkala rajin dilakukan pemilik sepeda motor.

Untuk urusan merawat jarum pelampung, disarankan beberapa hal

Antara lain :

1. Jangan biasakan berganti-ganti jenis bensin. Misalnya, hari ini menggunakan bensin premium, esok atau lusa menggunakan pertamax atau sebaliknya

2. Sering-seringlah mengecek saringan bensin. Bila tampak kotor hendaknya segera dibersihkan.

3. Sepeda motor, terutama yang bertangki bensin di luar, jangan sering diparkir di bawah terik matahari sebab tangki akan memuai dan mempercepat terbentuknya kerak.

4. Pemilik motor 4 tak, bila mengganti dengan jarum pelampung imitasi, harus menskur lebih dulu agar mulus. Sementara bagi pemilik motor 2 tak, bila mengganti jarum pelampung dengan yang imitasi dan ternyata bensin masih terlihat menetes, perlu menambah saringan.

5. Servis motor berkala masih merupakan tindakan antisipasi efektif. Setiap 2.500 km, pemilik motor melakukan servis. Hal itu bisa menjaga kebersihan jarum pelampung. Dikhawatirkan bila tidak dilakukan servis motor berkala, kotoran atau endapan dari tangki bensin bisa masuk ke dalam karburator


http://www.honda-suprax125.org/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar