Senin, 19 Juli 2010

Kepulauan Raja Ampat, Tempat Wisata Yang Tak Terlupakan




Pernah mendengar namanya? Raja Ampat adalah satu kepulauan yang terletak di Irian Jaya Barat. Asal tahu saja, daerah ini merupakan tempat wisata yang kaya akan keindahan laut. Bisa dibilang, Raja Keindahan Terumbu Karang. Jadi, bagi Anda semua yang suka diving alias menyelam, bakal nggak lengkap kalau belum menyelam dan melihat indahnya terumbu karang Kepulauan Raja Ampat.


Flora fauna terlengkap di dunia

Ngomong-ngomong, letak Kepulauan Raja Ampat ini adalah di bagian barat pulau Papua, provinsi Irian Jaya Barat, tepatnya lagi sih, di bagian kepala burung Papua. Bisa dibilang, letaknya adalah 50 mil sebelah barat Laut Sorong.

Tempat wisata Raja Ampat telah diakui oleh dunia sebagai salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving alias menyelam. Jadi, jangan puas dulu kalau hobi diving tapi belum ke Raja Ampat! Oleh para wisatawan yang pernah menyelam di sini, perairan Raja Ampat dianggap memiliki flora dan fauna terlengkap di dunia. Karang (coral)nya mencapai 537 jenis oleh karena itu raja ampat layak dijadika tempat wisata yang harus dilindungi oleh pemerintah.

Rumah terbesar terumbu karang

Penelitian tahun 2001-2002 melaporkan terdapat lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia), lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, serta catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans. Artinya..??? Berarti 75% spesies karang dunia berada di Raja Ampat. Wusss ckckck :o

Halmahera Edy, apaan tuh?

Di sana ada Halmahera Edy! Apaan sih, Halmahera Edy itu?

Lebih jelasnya begini, kondisi perairan di Kepulauan Raja Ampat dipengaruhi oleh massa air dari Samudra Pasifik Barat. Buktinya adalah, adanya arus yang bergerak dari arah timur menuju timur laut (North-East) dan sejajar dengan daratan besar Papua bagian utara.

Ketika sampai di Laut Halmahera yang berada di utara Raja Ampat, sebagian arus itu bergerak ke selatan dan menuju Alur Pelayaran Jailolo. Ada juga sebagian kecil arus yang membelok ke arah Selat Dampier. Sekedar info, Selat Dampier adalah selat yang menghubungkan Pulau Batanta dan Pulau Waigeo.

Sebagian besar dari arus itu kemudian berbalik arah ke Samudra Pasifik. Nah, arus inilah yang dinamakan Halmahera Edy oleh para peneliti. Adanya arus ini membuat perairan di Raja Ampat menjadi sangat subur. Ditambah lagi, suhu permukaan air lautnya sekitar 28oC hingga 27oC di kedalaman tertentu. Cahaya bisa menembus hingga 30-37 meter dengan salinitas yang sangat tinggi. Itu sebabnya, terumbu karang sangat melimpah ruah di Raja Ampat. Plankton-plankton yang menjadi bagian dari ekosistem terumbu karang juga melimpah.


Mau pergi ke sana?

Bagi yang berminat singgah sejenak di tempat wisata Raja Ampat, menurut majalah saya, Anda bisa mencari penerbangan dari Jakarta yang menuju Sorong yang melalui Manado. Lama penerbangan kira-kira 6 jam. Jika sudah sampai di Sorong, silakan menuju ke Waisai, Kota Kabupaten Raja Ampat. Selamat berwisata!


http://artikellama.blogspot.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar