Rabu, 21 Juli 2010

Musik Indonesia Berkembang Pesat


Melihat perkembangan musik Indonesia jaman sekarang sungguh sangat menggembirakan. Perkembangan ini tentu sebagai akibat cukup banyaknya para pencipta lagu yang didukung oleh kecanggihan teknologi didunia rekaman. Hal ini tentu berbeda dengan apa yang terjadi pada tahun 1970 an. Walaupun jumlah group band saat ini juga cukup banyak namun kesempatan untuk tampil dilayar televisi guna mempromosikan musik indonesia. Saat itu lagu populer hanya didominasi oleh group band dan penyanyi solo yang sudah mapan atau terkenal yang sering pentas di layar televisi nasional. Group band dan atau penyanyi solo yang baru muncul akan segera menghilang manakala tidak mempunyai kesempatan untuk melakukan rekaman suara, merilis albumnya dan mempromosikan lagunya di radio atau televisi.

Sama hanya dengan era tahun 1970-an, musik Indonesia masa kini tak pernah bergeser dari tema cinta atau kasih sayang antara wanita dan pria baik itu lagu pop, dangdut , keroncong, bahkan lagu campursaripun. Lirik populer yang berkisar antara jatuh cinta dan putus cinta memang sangat digemari khususnya oleh kaum remaja. Sementara musik indonesia tentang keindahan alam, kecintaan terhadap tanah air, lingkungan, ilmu pengetahuan dan sejenisnya boleh dikatakan kurang peminatnya. Tampaknya para pencipta lagu maupun produser tidak mau mengambil resiko jika harus menulis dan memproduksi lagu non cinta. Bagaimanapun juga mereka masih tetap menjadikan urusan bisnis sebagai primadonanya.

Sekali waktu silahkan menjelajahi situs-situs yang berisi musik Indonesia di internet. Mencari lagu-lagu baru yang bertemakan keindahan alam atau lagu yang bernuansa patriotisme, akan lebih sulit dibandingkan dengan mencari lagu bertema cinta remaja. Seandainyapun mendapatkan lagu perjuangan jumlahnya bisa dihitung dengan jari jika dibandingkan dengan musik indonesia bernuansa kasih-mesra yang ratusan atau bahkan ribuan jumlahnya. Ini tentu perlu menjadi pemikiran para pencipta lagu dan produser agar dalam usaha bisnisnya tetap juga memperhatikan pembangunan watak manusia Indonesia. Jika menciptakan 10 buah lagu maka 2 lagu diantaranya seyogyanya bertemakan non cinta remaja. Jika kualitas lagunya bagus tentu lagu non cinta juga akan populer dengan sendirinya. Lagu Bengawan Solo misalnya, tetap abadi dan populer sampai kini.


http://www.dreamscometruela.org/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar