Rabu, 07 Juli 2010

Bisnis Kucing Persia



Dibandingkan ras-ras lainnya, kucing persia sampai saat ini masih terpopuler di kalangan penggamar di Indonesia. Ia bukan hanya bisa dijadikan hobi maupun teman setia di rumah, tetapi juga komoditas bisnis yang menguntungkan.

Harga seekor kucing (kelas standar) paling murah Rp 750.000, sedangkan kelas lomba mencapai Rp 2,5 juta - Rp 10 juta. Memang, biaya perawatan juga mahal, namun bisnis ini tetap menguntungkan.

Kucing persia dapat dikenali dari karakteristik bulunya, yaitu lebat, panjang, tebal, tetapi sangat halus ketika diraba. Tidak heran jika ia dijuluki sebagai longhaired cat (lihat juga Warna Beragam). Bulu-bulu tersebut mempunyai variasi dan pola yang teratur. Bulu matanya juga indah dan menawan. Belum lagi tubuhnya yang montok dan lembut, sehingga kian sedap dipandang mata. Sesuai dengan namanya, kucing ini berasal dari Persia (Iran), dan dibawa ke Eropa sekitar abad ke-16. Saat ini popularitasnya melebihi ras-ras lain yang ada di dunia.

Apabila Anda ingin menjadi breeder, usahakan pernah memelihara kucing persia minimal satu tahun. Sebab kalau tidak diawali dari kegemaran terlebih dulu, dikhawatirkan akan panik dan bingung saat menghadapi persoalan dan kendala di tengah jalan.

Tetapi jika menjadi breeder, ada tugas lain yang tak kalah berat. Misalnya merencanakan dan menjalankan program perkawinan, serta merawat induk dan anak-anaknya pada masa sapih. Kucing persia membutuhkan perhatian ekstra, karena bulu-bulu panjangnya. Setiap hari mesti disisir agar bulu-bulu yang rusak/mati dapat luruh dan terpisah dari bulu-bulu yang sehat.


Lingkungan, terutama kandang, juga mesti dijaga agar selalu bersih. Jangan biarkan bekas makanan dan tumpahan air minum mengotori kandang, karena dapat menyebabkan bulu-bulunya kusam atau menggumpal.

Jika Anda lalai menjaga kebersihan dan kesehatan bulu, maka berbagai masalah kulit dan bulu akan datang silih berganti. Sebaiknya kucing dimandikan secara rutin, untuk membantu membuka pori-pori kulit yang tertutup kotoran.

Selain itu, untuk menjaga keindahan dan pertumbuhan bulu, berikan suplemen vitamin E dan minyak ikan, yang bisa dibeli di petshop terdekat. Dengan perawatan yang baik, kucing dapat hidup sampai 15 tahun lebih

Makanan kucing ras seperti persia memang mahal, dan umumnya tersedia di petshop dalam bentuk kering, setengah basah, dan kaleng. Pilihlah makanan yang sesuai dengan umur kucing. Air minum juga harus selalu tersedia, agar kucing tidak mengalami dehidrasi.

Selain makanan, faktor lain yang tak boleh dikesampingkan adalah kandang dan kesehatan. Setiap kucing harus disediakan kandang sendiri, terutama jika sudah berumur enam bulan.

Kalau kita masih menggunakan kandang koloni, dikhawatirkan terjadi perkawinan yang terlalu dini.

Vaksinasi dilakukan minimal sekali dalam setahun, sedangkan pemberian obat cacing setiap 3 bulan sekali. Hal ini sangat penting, agar kesehatan kucing-kucing berharga mahal ini tetap prima.

Kucing yang sehat dapat diamati dari bulu-bulunya yang mengkilap, terasa halus saat diraba, sorot matanya bersinar, telinga bagian dalam berwarna merah muda dan kering, dan daerah sekitar anus (di bawah ekor) terlihat bersih.


http://www.suaramerdeka.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar