Senin, 19 Juli 2010

Pasang Antena Untuk Nonton Siaran

Hiburan merupakan salah satu hal yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. agar kita bisa hidup dengan lebih baik dan terhindar dari stress atau depresi. Salah satu jenis hiburan yang digemari saat ini adalah siaran televisi. Siaran televisi lokal memang bisa kita nikmati secara gratis asalkan kita memiliki sebuah pesawat televisi. Namun kadang kala kita menjadi bosan dengan siaran lokal yang itu – itu saja, dan kadangkala kita juga ingin melihat siaran – siaran internasional. Siaran internasional memang beragam dan terdiri dari banyak kategori, misalnya sport, fashion, hobby, film, kartun, dan sebagainya. Ada banyak cara untuk bisa melihat siaran internasional di televisi kita, salah satunya adalah dengan menggunakan parabola. Dengan pemasangan dan pengarahan arah parabola yang tepat, maka kita bisa menikmati siaran – siaran internasional dengan lebih sempurna. Bahkan jika anda jeli dan bisa memanfaatkan peluang ini, anda bisa menghasilkan uang dari usaha memasang antena parabola.

Menyiapkan Parabola

Letakkan parabola di bidang (tempat terbuka) tidak ada halangan ke langit bebas serta datar. Untuk menentukan kedatarannya, Anda bisa tuang air ke baskom. Bila air penuh tepat lurus di bibir baskom berarti bidang cukup datar terhadap bumi. Bila posisinya miring, gunakan papan yang diganjal untuk mendapatkan bidang yang datar.


Menentukan datar tidaknya bidang peletakkan parabola

Buatlah garis vertikal dan horizontal pada parabola untuk membantu penentuan posisinya. Titik temu garis ini harus berada tepat di dasar parabola (gunakan gundu, tempat di mana gundu diam itulah titik dasar parabola). Setelah digaris, berikan penanda empat arah mata angin seperti gambar berikut:


Menggambar arah mata angin di piringan parabola

Arahkan piringan parabola ke arah mata angin menggunakan kompas yang diletakkan di dasar parabola (yaitu titik pertemuan garis vertikal horizontal tadi). Atur agar keempat arah mata angin itu sesuai dengan yang ditunjukkan di kompas.

Mengarahkan piringan ke arah mata angin. Sumbu S – N masih sedang diarahkan Pasanglah LNBF pada bracket yang disediakan LNBF pada parabola.

Menentukan posisi tinggi bracket dari dasar antena

Pada badan LNBF ada angka-angka 0,42 sampai 0,30. Angka itu disebut f/D, didapat dengan membagi 45,9 cm / 115 cm = 0,40. Pasanglah LNBF tepat di posisi f/D 0,40

Mengatur posisi f/D LNBF di 0,40

Pada kepala LNBF ada angka-angka -30o, 0o dan +30o. Angka itu mengatur arah polarisasi antena dalam LNBF. Aturlah garis 0o tepat ke arah W, yang berarti juga searah garis W pada piringan parabola. Tanpa mengubah posisi f/D, kencangkan mur pengunci pada posisi yang pas.


Mengatur polarisasi antena dalam LNBF

Karena saya berada di 6,12o S, yaitu 6,12o di bawah garis katulistiwa maka saya harus mendongakkan piringan parabola sebanyak 6,12o di sumbu N agar posisi antena tepat mengarah ke atas katulistiwa. Karena Ø parabola 115 cm, maka dengan menghitung SIN 6,12o x 115 cm didapat 12 cm (ingatlah rumus trigonometri Sine, Cosine dan Tangent. Gunakan scientific calculator untuk memudahkan perhitungan). Yang kita lakukan ini disebut dengan mengatur “deklinasi”. Informasi lebih tentang pemasangan Antena: Pasang Antena


Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar