Senin, 02 Agustus 2010

Jangan Tertipu Memilih Bimbel



Banyak program bimbingan belajar yang menawarkan kemudahan untuk bisa tembus suatu PTN. Meski tidak dapat dipungkiri lagi, kehadiran bimbel juga banyak berkontribusi juga dalam membantu mewujudkan impian siswanya untuk masuk PTN favorit. Banyaknya program sukses tembus PTN yang ditawarkan oleh institusi bimbingan belajar  membuat sebagian siswa bingung dalam memilih suatu bimbel atau Study Agency.

Susahkah memilih bimbel atau Study Agency? Tergantung dari Anda. Kalo kalian udah punya patolan, akan mudah memilih bimbel yang baik. Sebaliknya kalo belum punya patokan, akan susah memilih bimbel, banyak faktor yang mesti diperhatikan, khususnya dalam memilih program intensif SPMB.

Faktor-faktor yang mesti diperhatikan :
1. Kualitas pengajarnya, coba cari informasi mengenai pengajarnya serta reputasinya. (Pengajar boleh lulusan PTN, tp kalo IP-nya 2,0? Gmn?).

2. Pilihlah bimbel atau Study Agency yang letaknya strategis dengan tempat tinggal Anda, hal ini dilakukan untuk menghindari kejenuhan atau kebosanan, karena dalam Intensif tiap hari Anda harus bolak-balik dr rumah ke tempat les.

3. Kualitas materi, SPMB mempunyai standar tertentu. Jangan sampai bimbel yang kita pilih tidak mempunyai buku referensi yang jelas dan tidak punya patokan yang jelas, kecuali hanya menjiplak materi bimbel lainnya.

4. Pilihlah bimbel yang silabusnya pengarajarannya dan target jumlah pertemuannya mempunyai rencana yang jelas. Banyak terjadi di bimbel atau Study Agency, SPMB sudah tiba, tetapi materi pelajaran belum semua terbahas, hanya karena program mereka tidak terencana dengan baik.

5. Motode pengajaran dan fasilitas, merupakan faktor yang sangat penting, coba lihat fasilitas yg diberikan oleh bimbel. Jangan lupa mengecek kebenaran fasilitas tersebut. Banyak bimbel yg menawarkan fasilitas hanya dr brosur aja, tanpa kepastian yang jelas. Fasilitas tersebut minimal : papan tulis (wajib ada!), ruang ber-AC, Pemeriksaan Try Out dengan komputer SPMB (OMR - OPSCAN 4U - SCANNER), OHP, ruang diskusi, ruang konsultasi, mushola, kantin, dsb, dll.

6. Kalo mw sukses, belajarlah dari orang-orang yang sukses. Pilihlah bimbel yang reputasi sudah diakui secara nasional, misalnya berapa banyak alumni lulusan bimbel atau Study Agency tersebut yang diterima di PTN?

7. Pilihlah bimbel atau Study Agency yang sesuai dengan keuangan Anda.

8. Ada baiknya (tidak disarankan), pilihlah bimbel atau Study Agency yang terdekat dengan kantor pusat cabangnya, atau d'pusat bimbelnya. Kualitas bimbelnya kantor pusat berbeda dengan cabangnya, terlalu jauh dari kantor pusat akan sulit dikontrol oleh pusatnya, buku boleh sama, apakah standar pengajarnya jg sama? Setelah saya menela'ah lebih jauh, bahwa ini murni bisnis. Kantor Cabang berbeda dengan Kantor Pusatnya, banyak kantor cabang yang ingin meraup keuntungan dalam bisnis ini, sehingga menomorduakan yang namanya kualitas dan kuantitas, kejahatan yg sering terjadi ialah banyak kantor cabang yang memilih pengajar yang tidak berpengalaman dan memilih pengajar yang mematok harga murah.


Semoga bermanfaat.

http://spmb-lover.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar