Jumat, 13 Agustus 2010

Tips Operasi Plastik yang Aman Untuk Wanita


Bedah plastik saat ini tak hanya bisa dilakukan di rumah sakit, namun klinik kecantikan, bahkan salon pun sudah menyediakan pelayanan 'permak' wajah atau tubuh ini. Sayangnya, masih banyak wanita yang tidak mementingkan keamanan prosedur ini. Akibatnya, tak sedikit korban yang muncul karena Operasi Plastik yang gagal.

Lalu, bagaimana memilih tempat untuk melakukan bedah plastik yang aman?

Menurut dokter Teddy O.H. Prasetyono, Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Indonesia (PERAPI), riset dan menggali informasi dari dokter yang kompeten sangat penting sebelum seseorang memutuskan untuk melakukan bedah plastik.

Untuk mengetahui apakah dokter yang dipilih kompetensi untuk melakukan bedah plastik, cara paling sederhana adalah melihat di situs www.perapisurgeon.org. Dalam situs tersebut terdapat nama dokter bedah plastik Indonesia yang tergabung dalam PERAPI dan kompetensinya tidak diragukan.

"Selain melihat dalam situs, cara lain adalah menanyakan kepada dokter tersebut sertifikat atau latar belakang akademis. Hal ini sangat penting jika pasien memang tidak mengetahui latar belakang dokter dan mereka memang memiliki hak untuk mengetahuinya," kata dr. Teddy menjelaskan.

Setelah memilih dokter Operasi Plastik yang tepat, langkah selanjutnya adalah konsultasi. Konsultasi bisa dilakukan 2 hingga 3 kali tergantung kondisi pasien. Hal itu karena menurut dokter Teddy, pasien harus tahu apa yang dia mau dan yakin dengan keputusannya.

"Pasien harus tahu apa yang dia mau. Bukan mengikuti orang lain apalagi tren. Kalau menghadapi pasien seperti itu, tentunya dokter harus mengarahkan dengan benar. Sepuluh tahun lalu banyak pasien yang melakukan bedah plastik karena ingin mirip seseorang artis, tetapi saat ini pasien sudah mulai tahu apa yang mereka inginkan, hal itu karena mereka sudah menggali informasi yang tepat sebelum memutuskan," ujar dr. Teddy.

Jika memang belum yakin untuk melakukan bedah plastik pada seorang dokter, Anda bisa melakukan komparasi dengan dokter lain. Rasa nyaman dan yakin memang sangat penting dalam melakukan bedah plastik. Kondisi psikologis juga harus dipersiapkan. Karena itu, proses konsultasi sangat penting sebelum melakukan tindakan bedah.

Melakukan perbandingan juga dianjurkan oleh dr. Teddy, jika memang pasien belum yakin. Tetapi pastikan Anda melakukan perbandingan dengan dokter yang juga memiliki latar belakang bedah plastik.

Hal yang perlu Anda tahu adalah, hasil akhir dari bedah plastik membutuhkan waktu. "Tidak lantas setelah dilakukan pembedahan terjadi perubahan. Untuk final result butuh waktu dan bisa tiga minggu atau satu bulan tergantung dari bagian yang dioperasi. untuk nose jobs lebih lama, bisa sampai satu tahun," kata dr. Teddy.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar