Kamis, 02 September 2010

Kiat Cepat Belajar Design Grafis




Desain grafis itu mudah. Desain grafis tidak menyulitkan. Karena di dalam kurus desain grafis cuma terdapat 3 unsur pembelajaran yaitu:

1. Ketrampilan teknis 2. Kepekaan estetik dan 3. Pengetahuan komunikasi visual

Ke tiga unsur di atas ini sebaiknya dipelajari secara bertahap yaitu mengetahui teori-teori dasar lalu praktek. Jadi pada saat masuk ke tahap praktek mendesain “otak” ga blank, karena teorinya sudah nancep duluan di otak. Jadi pas ada masalah bisa nyambung. “Bukan Jaka sembung ya, naik ojek ke Bandung, ga nyambung jack….”

landasan dasar yang sebaiknya diketahui bagi pemula kursus desain adalah:

   1. Mengetahui apa itu komunikasi visual atau desain grafis.
   2. Mengetahui dasar-dasar estetika (garis, bentuk dan warna) melalui nirmana.
   3. Mengetahui dasar-dasar makna warna
   4. Mengetahui dasar-dasar tipografi (huruf).
   5. Mengetahui dasar-dasar tata letak / lay out.

Kalau teori desain grafis di atas sudah di lewati baru masuk ke tahap praktek dengan menggunakan tools (software desain seperti adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Adobe in design, dan sebagainya. Dalam menggunakan sotware ini kita langsung praktek menerapkan teori-teori dasar di atas ke dalam sebuah desain, misal mendesain brosur. Tidak semua software digunakan, kita bisa pilih salah satu atau salah dua, freehand dengan photoshop atau illustrator dengan photoshop.

Tapi yang jelas yang paling penting penguasaan desainnya meskipun penguasaan software juga penting. Kalau kemampuan desain adanya kan di otak kita dan masih bisa kita asah di kurus desain, ya kan.

Jadi, tiga unsur pembelajaran kursus desain yaitu ketrampilan teknik, kepekaan estetik dan pengetahuan komunikasi visual akan terlatih dan terbentuk dengan sendirinya melalui proses teori dan praktek di atas.

Dan kalau kebetulan anda sudah mengetahui ke 5 dasar di atas, berarti anda tidak lagi harus melewati tahap teori, sebaiknya langsung saja ke tahap praktek. Ya, paling-paling sambil jalan di ingetin lagi dasar yang sudah anda ketahui supaya ga lupa.

Nah, kalau anda belajar melalui kursus desain grafis yang tersedia, ya teori dan prakteknya di arahin lewat video atau file pdf. Jadi anda tinggal nonton dan baca, kemudian praktekin sendiri, semuanya menjadi lebih mudah namun jika tidak fasilitas internet telah menyediakannya anda tinggal pintar mencari tutorialnya.

Ringkasnya:
Belajar desain grafis itu tidak sulit, asal belajar secara benar sesuai kaidah dalam komunikasi visual.

Selamat Belajar


http://belajar-desain-grafis.blogspot.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar