Selasa, 28 September 2010

Sudah Amankah Klinik SPA Atau Kecantikan yang Anda Pilih?





Hasil Penelitian kesehatan menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara nomor 3 dengan pengidap Hepatitis B terbanyak di dunia setelah China dan India. Diantara 7 jenis infeksi virus Hepatitis yang ada, Hepatitis B memang tergolong yang paling ganas dan gampang menular.

Ada beberapa faktor penyebabnya, pertama karena vaksinasi Hepatitis B pada bayi (Universal Immunization) di Indonesia baru dimulai sekitar tahun 1996. Kedua, minimnya informasi dan pengetahuan seputar bahaya penyakit ini membuat tingkat kesadaran mereka yang berisiko tinggi kena Hepatitis B untuk patuh meminta vaksinasi pun masih sangat rendah.

Dengan kondisi seperti itu, jumlah penderita yang tertular Hepatitis B pun semakin banyak dan tak terkontrol. Sangat berisiko Penularan Hepatitis dan HIV terjadi melalui cairan tubuh, itulah mengapa Klinik SPA dan perawatan kecantikan menjadi salah satu aktivitas yang sangat berisiko menularkan penyakit ini. Terlebih biasanya pengidap Hepatitis maupun HIV sering tidak sadar bila mereka adalah carrier, karena memang sebelum penyakit ini parah dan timbul manifestasi klinis, penderita Hepatitis maupun HIV terlihat normal seperti orang yang sehat.

Sebelum akhirnya Klinik SPA dan perawatan kecantikan berubah menjadi petaka, maka rasanya penting bagi Anda untuk jeli memilih klinik spa atau kecantikan.

Tanyakan dan Pastikan bahwa mereka (Klinik SPA maupun kecantikan) melakukan prosedur perawatan dengan benar agar Anda tidak menjadi korban. Salah satu tolok ukurnya adalah apakah mereka telah melakukan proses sterilisasi sesuai standar kesehatan atau tidak.

Pentingnya sterilisasi
Sterilisasi menjadi langkah yang sangat penting karena melalui tindakan inilah bakteri maupun virus berbahaya, termasuk virus HIV dan Hepatitis bisa dibasmi. Tentu saja dengan catatan, bila proses sterilisasinya dilakukan dengan benar.

Terdapat banyak memang teknik sterilisasi dan hanya beberapa saja yang benar-benar efektif. Salah satunya adalah dengan menggunakan Autoclave. Dengan tekanan tinggi dan pemanasan hingga 1320 C, Autoclave akan mensterilkan peralatan-peralatan dari virus, bakteri, jamur serta endospora yang telah dipakai dalam Klinik SPA maupun kecantikan.

Peralatan yang bisa disterilkan dengan alat ini hanyalah yang terbuat dari bahan stainless steel, sehingga langkah mensterilkan peralatan dari bahan lain pun harus diperhatikan. Cara lain untuk mencegah penularan penyakit adalah dengan menggunakan barang-barang disposable, menghindari digunakannya satu barang berulang kali.

Lebih teliti dan kritis memilih klinik SPa atau kecantikan menjadi satu langkah penting yang bisa dilakukan untuk melindungi diri Anda dari penyakit-penyakit menular yang dapat membahayakan kesehatan.

Jadi Sudah amankah klinik Spa dan kecantikan yang Anda pilih selama ini?

sumber: miracle-magz.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar