Selasa, 19 April 2011

Iklan Arwana Warna Indah

Hobby - Nama Arwana mungkin semakin popular dengan kehadiran Tukul Arwana di layar kaca. Tapi, ikan eksotis asli Indonesia ini ternyata jauh lebih popular dan digemari ketimbang si Tukul. “Tidak bisa dipungkiri, ikan Arwana memang identik dengan harga diri si empunya. Namun tidak semua Arwana berharga mahal, jenis yang paling mahal adalah Arwana Super Red,” ujar Stephen Suryaatmadja selaku pentolan Arowana Club Indonesia.

Ada beberapa jenis ikan Arwana yang dipelihara penggemar ikan hias seperti Arwana Silver Brasil, Arwana Papua, Arwana Pino, Arwana Banjar, Arwana Golden dan Arwana Super Red. Jenis paling murah adalah Arwana Silver yang anakannya dijual mulai harga 70-100 ribu rupiah. Sementara jenis paling mahal adalah Arwana Super Red yang anakannya seukuran 10 cm bisa dijual berkisar 2-10 juta rupiah.

Stephen menyarankan bagi pemula yang ingin mencoba memelihara untuk memulainya dengan memelihara jenis Silver. “Kita perlahan tapi pasti mencoba mewadahi mereka dengan tujuan tentunya menggabungkan semua pecinta ikan Arwana khususnya jenis Super Red untuk bersama-sama menjadikannya sebagai kebanggaaan sekaligus membawa nama Indonesia semakin dikenal luas sebagai barometer ikan Arwana berkualitas,” terang Stephen.

Aci tercatat telah sukses menggelar beberapa kali festival dan kompetisi ikan Arwana di Indonesia. Impian mereka adalah mengadakan event rutin setiap tahun yang menggabungkan tidak hanya pecinta Arwana namun juga berbagai pencinta flora dan fauna langka di Indonesia. “Kita tunjukkan bahwa komunitas di sini sangat serius untuk menjadikan Indonesia barometer perkembangan dan trend di Asia bahkan kalau mungkin dunia. Bayangkan saja, populasi hampir 70 persen ikan hias dunia berasal dari Asia. Nah, dari jumlah 70 persen itu sekitar 80 persennya berasal dari Indonesia. Namun sayangnya selama ini kita belum mengelolanya dengan arif sehingga orang Indonesia dikenal dunia hanya sebagai best buyer karena berani beli dengan harga mahal. Padahal ikan yang dibeli asli dari Indonesia dan dikembang-biakkan kan di luar negeri. Namun saat dijual lagi di Indonesia harganya sudah tinggi. Ini kan ironis?” tambah Stephen lagi.

Secara umum, ikan Arwana atau nama latinnya Scleropages Formosus adalah jenis ikan hias air tawar. Habitatnya banyak ditemukan di pulau Sumatera, Kalimantan dan Papua namun beberapa jenis juga menyebar di negara-negara Asia Tenggara yang mempunyai sungai air tawar seperti Vietnam, Thailand dan Malaysia. Di Indonesia terdapat jenis Arwana yang dianggap menduduki kasta tertinggi dengan jenis Super Red.

Kini Arwana Super Red memang sangat diminati para penggila ikan hias air tawar. Bahkan pecinta Arwana dari Jepang, Thailand dan Singapura kerap datang ke Indonesia untuk membeli Super Red dengan harga selangit. “Ikan Super Red yang berhasil menang kontes dijamin laku dijual. Bulan Desember lalu pemenang kontes di Jakarta laku di harga 500 juta rupiah. Kalau jenis Super Red kualitas atas harganya boleh dibilang berkisar ratusan juta sampai ada yang miliaran. Oleh sebab itu Super Red menjadi primadona karena menunjukkan prestise dari pemiliknya,” ujar Stephen yang juga memelihara 12 ikan Arwana Super Red di rumahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar