Selasa, 19 April 2011

Lebih Baik Minum Madu

Health - Honey! Yes, sebutan manis ini biasanya ditujukan pada kekasih atau orang yang kita kasihi. Dalam bahasa Indonesia berarti madu, yang juga manis dan disukai semua orang!

Siapa yang tidak pernah mengkonsumsi madu? Sebaiknya setelah membaca artikel ini harus segera mulai mengkonsumsinya secara rutin. Tidak salah dibalik rasanya yang manis, madu juga mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan umat manusia. Bahkan khasiat madu sudah dirasakan sejak zaman Mesir kuno, peradaban Cina sampai saat ini. Yuk, cari tahu soal madu di bawah ini.

Madu adalah ekstrak sari bunga yang dikumpulkan oleh lebah dan disarikan dalam air liur lebah sebagai makanan bagi koloninya. Jenis madu pun bermacam-macam, tergantung dari lebah yang menghasilkannya. Namun pada umumnya, madu yang baik adalah yang berwarna kuning bening, keemasan, berbau tidak menyengat dan rasanya sangat manis.

Madu berfungsi sebagai antibiotik, mengandung banyak sekali vitamin, mineral dan zat gula serta asam amino yang diperlukan tubuh. Kandungan mineral dalam madu antara lain kalium, natrium, kalsium, magnesium, zat besi, phosphor, mangan, dan sulfur. Kandungan vitaminnya antara lain thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piridoksin, dan asam askorbat. Madu ampuh melawan Salmonela Shigela, bakteri E. Coli dan Vibrio Cholera si penyebab penyakit kolera yang ganas.

Manfaat lain madu ialah dapat mengobati luka infeksi setelah operasi, borok, mengeringkan luka jahitan dan penggunaan luar lainnya. Mujarab!

Madu yang mengandung asam folat dapat menurunkan resiko kanker rahim dan penyakit jantung. Asam folat ini juga dibutuhkan dalam metabolisme lemak, metabolisme kolesterol, dan sistem kekebalan tubuh. Secara umum, khasiat madu dikenal luas untuk membantu mengatasi tenggorokan yang kering atau teriritasi. Sementara campuran madu dan jus wortel bermanfaat untuk penglihatan dan baik untuk mereka yang sering berlama-lama duduk dan bekerja di hadapan komputer. Madu juga dipercaya ampuh mengobati penyakit anemia alias kurang darah. Jadi, mulai sekarang rutinlah mengkonsumsi madu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar