Minggu, 10 April 2011

Keju Mozarella di Campur Kedalam Makanan

Food Beveraga - Nyam.. terbayang lezatnya keju mozzarella dijadikan topping pizza dan lasagna? Buat kita keju mozzarella mungkin baru-baru saja menjadi primadona panganan, Padahal di negara aslinya, Italia, mozzarella sudah menjadi pilihan para koki untuk membuat berbagai macam panganan khas. Dengan berbahan dasar susu sapi, tidak heran kandungan gizi keju sama bagusnya dengan mengkonsumsi susu sapi.

Keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu, seperti protein, vitamin, mineral, kalsium, dan fosfor namun juga lemak dan kolesterol yang dapat menyebabkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Besaran kandungan lemak dalam keju tergantung pada jenis susu yang digunakan. Keju yang dibuat dengan susu murni atau yang sudah ditambah dengan krim memiliki kandungan lemak, kolesterol dan kalori yang tinggi. Keju sangat bermanfaat karena kaya akan protein, terutama bagi anak kecil karena mereka membutuhkan protein yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Keju (bahasa Portugis, queijo) adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu. Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara. Dari sebuah susu dapat diproduksi berbagai variasi produk keju. Produk-produk keju bervariasi ditentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan. Umumnya, hewan yang dijadikan sumber air susu adalah sapi. Namun ada juga keju yang dibuat air susu unta, kambing, domba, kuda, atau kerbau.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar