Jumat, 15 April 2011

Latihan Senam Untuk Ibu Hamil

Health - Banyak cara dilakukan untuk membantu para ibu melalui proses persalinan alami. Mulai dengan yoga, senam kehamilan sampai latihan pernafasan. Cara lain yang efektif membantu kaum ibu saat persalinan normal adalah dengan rutin melakukan water aerobics alias senam aerobic di dalam air.

Dengan ini, tubuh dipersiapkan untuk proses persalinan dengan membantu mengurangi rasa sakit. Memang, rasa sakit yang ditimbulkan saat melakukan persalinan alami cenderung berbeda untuk setiap orang. Tetapi jika dianalogikan dengan angka 1-10 maka rata-rata para wanita yang bersalin normal akan mengalami tingkat kesakitan di angka 8.

Dengan rutin melakukan water aerobics ini, otot panggul, rahim dan tubuh bagian bawah terlatih dengan baik. Hal ini membuat otot menjadi lebih lentur dan kondisi ini tentu sangat membantu saat proses persalinan normal. Tahun 2008 lalu dalam sebuah penelitian di Brasil, 71 responden mengaku dapat menahan rasa sakit yang timbul karena rutin melakukan water aerobics selama tiga bulan sebelum persalinan.

Dengan mengikuti senam selama tiga kali seminggu, para responden itu tidak memerlukan obat pengurang rasa sakit saat melahirkan. Bagi para ibu yang akan melahirkan, tidak ada salahnya mencoba hal yang satu ini. Di Jakarta, sudah banyak kelas water aerobics untuk ibu hamil. Namun sebaiknya, konsultasikan dengan dokter kandungan anda untuk lebih mengetahui manfaat dan kegunaannya bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar