Rabu, 06 April 2011

Si Mungil Domsum Membuat Ingin Makan Lagi

food beferage - Dim Sum memang selalu menarik perhatian ketika kita memasuki resto fast food oriental. Bentuknya yang cantik dengan berbagai varian dapat membuat selera makan kita menjadi bertambah, tidak heran jika makanan kecil ini digemari oleh semua usia. Makanan yang berasal dari Kanton, Cina bagian Selatan, memang mampu menyihir orang untuk segera kembali menyantapnya. Tidak heran kalau arti dari makanan ini adalah 'sedikit dari hati atau menyentuh hati', dalam bahasa Kanton.

Tapi, bagaimana yah awal mula dim sum ini??? Ada beberapa versi yang mengaitkannya dengan tradisi warga Cina yang gemar meminum teh. Hmmm, kala itu ketika warung teh sudah bermunculan sejak masa Jalur Sutra dan Dinasti Han (206 SM) hingga Dinasti Yuan (Abad 14 M), para petani, buruh dan pedagang yang berbisnis di sepanjang Jalur Sutra kerap mampir di kedai teh pinggir jalan untuk melepas lelah sambil menikmati dim sum. Tapi ada juga yang mengatakan dim sum merupakan kudapan favorit kaisar ketika bersantai sambil menikmati kehangatan chinese tea lho! Dim sum juga dikenal dengan istilah yum cha, yang terjemahannya sih berarti minum teh. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan pengalaman menikmati dim sum yang selalu ramai dan menyenangkan. Oh yaa??

Ya sudahlah, whateverrr! Versi boleh bermacam-macam, yang penting sekarang kita bisa menikmatinya. Hehehe.. Makanan kecil yang menyehatkan ini memang cocok menemani kita saat bersantai bersama keluarga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar