Rabu, 01 September 2010

Tips Menjadi Desainer Kondang




Sama seperti profesi lain, menjadi desainer grafis juga harus pintar-pintar memasarkan diri sendiri. Dengan begitu jaringan kita menjadi luas dan projek pun dapat kita temukan dengan mudah.

Maka itu selain skill yang bagus, desainer grafis masa kini juga harus bisa memasarkan dirinya dengan baik baik itu di dunia maya maupun di pameran desain.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan diri kamu sebagai desainer grafis secara online.

1. Buat Blog atau Website Pribadi.
Saya rasa ini sudah umum dan merupakan suatu keharusan. Yang harus di pikirkan adalah blog/website seperti apakah yang harus kita buat?

2. Menjadi Penulis Tamu di Blog lain.
Terlalu sibuk untuk mengolah blog sendiri? Cobalah menjadi penulis tamu di blog orang lain. Tawarkan diri untuk menulis di blog yang kamu sukai, atau lebih baik lagi, jika kamu mendapat kesempatan undangan untuk menulis, jangan di lewatkan!

3. Buat Projek Fiksi.
Yang paling mudah adalah projek redesain, terkadang kita gatal melihat desain yang tidak efektif (baik itu web atau print) daripada ngedumel dan mencerca lebih baik buat desain versi kamu sendiri. S

4. Bagikan Link Menarik via Twitter / Facebook.
Lebih senang membaca blog/website orang lain? it’s ok. Kamu masih bisa membagikan tautan yang kamu anggap menarik dan berguna bagi teman-teman kamu. Jangan lupa juga, tautan yang kamu bagikan akan mencerminkan siapa kamu. Jadi kalau kamu mau dianggap sebagai desainer oleh teman dan publik, jangan bagikan tautan “cara merawat bonsai” atau hal selain desain terlalu sering, sesekali mungkin boleh saja.

5. Masukkan Portfolio di Jejaring Sosial Khusus Desain.
Ini adalah rumah kedua kamu setelah blog/website pribadi. Setidaknya buat akun di Deviant Art, Behance, Designers Couch dan banyak lagi pilihan yang lain. Biasanya klien potensial mencari desainer melalui website sosial khusus desain seperti itu dan juga untuk membangun brand diri kamu di kalangan seprofesi.

6. Ikut Serta dalam Kontes Komersial atau Non-Komersial.
Dalam setahun pasti ada saja acara atau kontes yang berhubungan dengan desain (biasanya non-komersial), kalau kamu punya waktu, ikuti dan kirim karya kamu.

7. Jualan Stok Desain.
Punya elemen desain atau desain full template yang tidak terpakai? Daripada hanya tergeletak di harddisk, lebih baik kamu jual saja di ThemeForest (untuk template website) atau GraphicRiver atau pameran desain lainnya. Selain berpotensi mendapatkan penghasilan pasif, kamu juga secara tidak langsung memasarkan skill kamu ke seluruh dunia.

8. Bagikan Stok Desain Secara Gratis.
Lebih berjiwa dermawan? tidak masalah. Bagikan saja desain stok kamu secara gratis melalui blog/website/profil jejaring sosial kamu atau pameran desain, biasanya orang suka sesuatu yang gratis (well siapa yang tidak suka?)

9. Bersosialisasi.
Yang terakhir ini walaupun kecil tetapi sangat berarti, ke 8 tips di atas tidak akan ada gunanya jika kamu tidak bersosialisasi dengan pembaca, teman dan publik. Mulai dari yang paling mudah, berkomentar (blog walking) dan membalas komentar, mengirim pesan dan membalas pesan, dll.

Semua tips diatas tentu bukan cara instan, di perlukan waktu dan konsistensi untuk melakukan nya.

selamat mencoba

http://jurusgrafis.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar