Rabu, 01 September 2010

Belajar Memaksimalkan Alignment dalam Desain



lignment atau penjajaran elemen-elemen dalam informasi desain grafis dan layout merupakan hal yang sering muncul dalam proses desain. Apapun bentuk desain dan informasi desain yang dikerjakan, kita pasti akan dihadapkan untuk memilih penggunaan alignment yang tepat. Alignment sangatlah penting dalam desain untuk membangun suatu tampilan yang indah secara estetis dan efektif secara fungsi. Berikut beberapa tips ringan tentang informasi desain terkait penggunaan alignment pada desain grafis.

Secara umum, alignment dibagi kepada empat format utama yaitu center (rata tengah), left (rata kiri), right (rata kanan), dan justify (rata kiri-kanan). Mari sejenak kita uraikan satu persatu format-format teks ini dan melihat fungsi dan penempatan masing-masing dalam desain.

Center
Center alignment (rata tengah) dalam desain biasanya digunakan untuk menampilkan keseimbangan dan fokus pada desain yang tidak memiliki banyak konten/item. Contohnya dapat kita lihat pada halaman homepage google yang menggunakan format center pada kolom pencarinya. Hal ini karena tampilan kolom pencari google sangat minim konten sehingga penggunaan banyak white space (ruang kosong) akan mendukung fokus pengunjung terhadap kolom pencarian.

Penggunaan center alignment akan lemah jika digunakan pada desain dengan konten yang penuh dengan teks seperti buku dan halaman artikel pada web. Penyebabnya adalah, tidak adanya garis batas teratur pada teks yang berfungsi membuat tampilan lebih teratur dan terorganisir. Selain itu, penggunaan center alignment akan membuat tampilan teks berantakan dan tidak fokus, sehingga pembaca cenderung akan mengalami kebingungan untuk menangkap setiap isi yang disampaikan pada teks.

Left
Left alignment (rata kiri) adalah standar penggunaan alinea teks untuk halaman teks yang punya banyak konten. Rata kiri akan menciptakan unsur keteraturan karena jarak antar satu kata dengan kata lain sama. Selain itu, tampilan yang diatur rata kiri akan terlihat lebih dinamis dan mudah untuk dibaca. Rata kiri cocok digunakan untuk blok teks pada halaman situs, buku, majalah, dsb.

Right
Right Alignment (rata kanan) digunakan untuk menarik perhatian pembaca. Format teks seperti ini akan memberikan kesan yang tidak biasa dan cenderung menarik perhatian lebih karena tampilan yang unik. Biasanya penggunaan rata kanan akan berfungsi baik jika digunakan untuk desain yang minim konten seperti kartu nama, banner, dll.

Namun jangan pernah gunakan rata kanan untuk sebuah halaman yang padat dengan teks. Karena kita semua membaca dari kiri ke kanan. Sehingga akan lebih mudah bagi pembaca untuk menangkap isi dari suatu halaman teks yang tampilan bagian kirinya teratur seperti left alignment.

Justify
Format teks justify alignment (rata kiri-kanan) akan membuat tampilan halaman teks terkesan monoton dan tidak dinamis. Selain itu, jarak antar kata dalam paragraf juga tidak sama, hal ini akan membuat sedikit ketidakberaturan pada teks yang pada akhirnya membuat halaman sulit untuk dibaca.

Penggunaan rata kiri-kanan biasanya digunakan untuk layout dengan kolom teks yang tidak begitu lebar seperti halaman koran.


Sekian informasi desain


http://www.desainstudio.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar