Rabu, 01 September 2010

Alasan Mengapa Desainer Harus Nge-Blog




1. Mempromosikan Diri Anda sebagai Seorang Desainer

Di saat banyak sekali desainer handal yang bertebaran dimana-mana, mungkin anda akan merasa bingung, bagaimana caranya agar anda bisa disadari oleh klien diantara kerumunan tadi. Yap, salah satu caranya adalah dengan nge-blog. Terutama apabila blog anda menarik.

Blog dengan konten yang berbobot memberikan kesempatan bagi anda untuk lebih dikenal dan dipercaya. Sebagai klien, salah satu faktor utama yang menentukan desainer mana yang akan dipekerjakan selain portfolionya ialah desainer tersebut terpercaya.

2. Memperluas Jaringan Sosial
Dalam dunia desain Semakin luas jaringan sosial seseorang (dalam konteks ini, seorang desainer) pastinya akan semakin baik. Dengan blog yang menarik, biasanya pengunjung akan menjadi pembaca tetap dan mencari tahu "siapa yang menulis blog ini

3. Menambah Pemahaman dan Pengetahuan
Ketika akan menulis sebuah artikel, saya membiasakan diri untuk melakukan browsing tentang topik terkait, baik melalui internet, maupun buku atau majalah. Dari kegiatan tersebut, saya mendapat hal-hal baru yang tentunya menambah pemahaman saya tentang topik terkait.

4. Berbagi Ide dan Pemikiran
Tidak dapat dipungkiri, setiap desainer pasti memiliki ideologi tersendiri. Tetapi, bukan berarti kita langsung menolak ideologi lain mentah-mentah. Nah, dengan nge-blog, kita berkesempatan berbagi ide dan pemikiran kita akan topik tertentu kepada orang lain yang kemungkinan akan memberikan umpan balik sehingga dapat saling bertukar pikiran. Mungkin saja kita akan mendapat hal-hal baru yang dapat memperkaya ideologi kita selama ini.

5. Menunjukkan Kemampuan Anda
Ketika anda menulis sebuah artikel tentang hal yang anda keluti, Tulisan tersebut akan menjadi tolak ukur seberapa besar pemahaman anda tentang hal tersebut. Apabila portfolio difungsikan untuk menunjukkan kemampuan dan teknik desain anda,

6. Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Berkomunikasi

Dalam dunia desain Menulis dan berkomunikasi merupakan dua hal yang penting dalam berbagai aspek kehidupan. Seorang desainer juga tentu harus menguasainya untuk memperlancar hubungan dengan klien ataupun orang lain.

Blog bisa anda jadikan sebagai salah satu sarana untuk melatih kemampuan tersebut secara efektif.

Kesimpulan
Blog bukanlah sebuah syarat yang harus dimiliki agar menjadi seorang desainer dan dunia desain. Tetapi apabila dengan nge-blog kita bisa mendapat berbagai manfaat, kenapa tidak?

Saran terakhir saya kalau anda ingin mulai nge-blog, buatlah sebuah blog yang menarik dengan menjaga konsistensi posting blog tersebut. Tidak harus seputar desain, bisa saja hanya berisi jurnal anda sehari-hari. Dengan konten yang bagus dan konsisten, alhasil blog anda akan menarik perhatian para penghuni dunia maya.


http://freshfluo.blogspot.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar