Rabu, 06 April 2011

Dahsyat Segarnya Si Buah Melon

Health - Dibalik kesegarannya, buah melon juga mengandung banyak kebaikan untuk tubuh kita. Mengkonsumsi melon teratur juga baik untuk pencernaan.

Melon atau Cucumis Melo L termasuk buah-buahan dari sub keluarga labu atau nama latinnya Cucurbitaceae. Melon juga berkeluarga dengan blewah yang sering kita konsumsi di saat bulan Ramadhan. Ciri khas keluarga labu memang mengandung lebih 70 persen kandungan air dalam daging buahnya.

Melon mengandung air yang banyak sehingga memberi efek menyegarkan serta menenangkan, ditambah rasanya yang manis membuat melon sangat baik dikonsumsi. Buah melon kaya vitamin A, B dan C serta mengandung protein, kalsium serta fosfor. Kandungan mineral pada buah melon bahkan mampu menghilangkan keasaman berlebih di lambung dan melon juga diyakini mampu menyembuhkan sembelit atau susah buang air besar.

Sebagai gambaran, dalam sebuah melon kita akan mendapatkan 15,00 mg kalsium; 25,00 mg fosfor; 0,5 mg besi; 34 mg Vitamin C; 640 mg I.U Vitamin A; dan 0,03 mg Vitamin B1. Melon juga mengandung antikoagulan yang disebut dengan adenosine yang berperan penting menghentikan penggumpalan sel darah yang memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Sementara itu, kandungan karotenoid buah melon yang tinggi dapat mencegah kanker dan menurunkan resiko serangan kanker paru-paru karena merupakan senyawa utama penyerang sel kanker.

Nah, terbukti kan buah melon ternyata banyak manfaatnya? Mulai sekarang, seringlah mengkonsumsi melon. Buah ini tumbuh subur sepanjang tahun dan sangat mudah di temukan di pasar maupun supermarket buah di mana saja.

Sumber: blog.id.88db.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar